Rahmawati, Desti (2019) Penerapan model pembelajaran Group Investigation berbantu multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (288kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (476kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (809kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (244kB) | Request a copy |
Abstract
Model pembelajaran group investigation digunakan untuk mengatasi permasalahan mendasar kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, menganalisis keterlaksanaan, dan menguji hipotesis penerapan model group investigation berbantu multimedia interaktif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel ditentukan dengan teknik purposive sampling sebanyak dua kelas yaitu kelas X IPA-4 dan X IPA-5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validasi RPP 77,24%, LKS 82% dan Multimedia Interaktif 85%. Rata-rata keterlaksanaan aktivitas guru di kelas X MIPA 4 sebesar 87,50% dan X MIPA 5 90%. Sedangkan rata-rata aktivitas siswa di kelas X MIPA 4 79,11% dan X MIPA 5 79,69%. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji t berpasangan pada kelas X MIPA 4 didapatkan thitung (19,70) > t tabel (2,03) dan pada kelas X MIPA 5 nilai thitung (19,05) > t tabel (2,04). Kesimpulannya, maka H0 ditolak dan H1 diterima artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi perubahan lingkungan sebelum dan sesudah penerapan model group investigation berbantu multimedia interaktif
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Group Investigation;Perencanaan;Keterlaksanaan;Kemampuan berpikir kreatif |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | desti rahmawati |
Date Deposited: | 11 Dec 2019 03:43 |
Last Modified: | 11 Dec 2019 03:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28183 |
Actions (login required)
View Item |