Manajemen pengendalian mutu tenaga pendidik dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik: penelitian di sekolah menengah pertama Tunas Unggul Global Interactive School Kota Bandung

Nurmala, Winda (2019) Manajemen pengendalian mutu tenaga pendidik dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik: penelitian di sekolah menengah pertama Tunas Unggul Global Interactive School Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (23kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4.Bab 1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy

Abstract

SMP Tunas Unggul Interactive School Kota Bandung merupakan salah satu sekolah dengan visi melahirkan peserta didik yang unggul dalam pribadi yang berkarakter dan akhlakul karimah, dengan visi tersebut sekolah melaksanakan manajemen pengendalian mutu tenaga pendidik secara komprehensif meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Tujuan penelitian ini adalalah untuk mendeskripsikan (1) kondisi objektif sekolah (2) perencanaan pengendalian mutu tenaga pendidik (3) pelaksanaan pengendalian mutu tenaga pendidik (4) evaluasi pengendalian mutu tenaga pendidik (5) hasil yang dicapai dalam manajemen pengendalian mutu tenaga pendidik dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMP Tunas Unggul Kota Bandung (6) faktor penunjang dan faktor penghambat pengendalian mutu tenaga pendidik dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik. Penelitian ini bertolak dari pemikiran bahwa tenaga pendidik merupakan komponen paling penting untuk mempengaruhi keberhasilan suatu pendidikan, maka skripsi ini membahas langkah-langkah pengendalian mutu tenaga pendidik yakni melakukan sistem kendali yang efektif untuk mengoordinasikan usaha-usaha penjagaan kualitas dan perbaikan mutu tenaga pendidik di SMP Tunas Unggul Kota Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, studi dokumentasi/ menyalin. Sedangkan dalam menganalisis data yang digunakan adalah deskriptif semata-mata dan diuji keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, kecukupan referensi, pengecekkan anggota, Uraian rinci, Audit untuk kriteria kebergantungan dan Audit untuk kriteria kepastian. Dari hasil penelitian dan data yang di dapatkan dari manajemen pengendalian mutu tenaga pendidik dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik di SMP Tunas Unggul Kota Bandung adalah perencanaan dilaksanakan dengan melaksanakan rapat manajemen sekolah. Pelaksanaan pengendalian mutu berupa pemberian pelatihan (IHT), Upgrading, Reward, pemberian jobdesk yang jelas. Evaluasi pengendalian mutu tenaga pendidik di sekolah berupa penilaian kinerja guru berbasis KPI (Key Performance Indicator). Adapun keberhasilan yang di dapat dari manajemen pengendalian mutu tenaga pendidik ini adalah lahirnya program sekolah, kurikulum dan struktur kegiatan yang terlaksana dengan baik. Faktor penunjang dari manajemen pengendalian mutu tenaga pendidik dalam penguatan pendidikan karakter peserta didik ini adalah yayasan, dukungan orang tua, pemerintah dan kesadaran para tenaga pendidik adapun faktor penghambat nya yakni dari fluktuasi emosi (pubertas) para siswa dan pola lingkungan luar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Tenaga Pendidik; Pendidikan Karakter;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: winda nurmala
Date Deposited: 26 Dec 2019 03:54
Last Modified: 26 Dec 2019 03:54
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28331

Actions (login required)

View Item View Item