Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan metode Generating Interaction between Schemata and Text (GIST) pada pembelajaran tematik kemanpuan Membaca Pemahaman: Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V MI Muhammadiyah Cipasir Rancaekek Kabupaten Bandung

Fauziah, Dinka (2019) Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan metode Generating Interaction between Schemata and Text (GIST) pada pembelajaran tematik kemanpuan Membaca Pemahaman: Penelitian Tindakan Kelas Di Kelas V MI Muhammadiyah Cipasir Rancaekek Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (209kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (32kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (85kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan masalah yang terdapat pada mata pelajaran tematik di kelas V MI Muhammadiyah Cipasir Rancaekek Kabupaten Bandung, yaitu kemampuan membaca pemahaman siswa terhadap pembelajaran tematik masih banyak yang kurang yang mengakibatkan hasil belajar siswa masih di bawah KKM yaitu 70. Hal ini terjadi karena pmbelajara di kelas guru masih menggunakan metode ceramah saja dan belum menggunakan media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui metode GIST pada mata pelajaran tematik pokok bahasan organ gerak hewan dan manusia di kelas V MI Muhammadiyah Cipasir Rancaekek. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui hasil membaca pemahaman siswa sebelum menggunakan metode GIST, hasil membaca pemahaman siswa saat penerapan metode GIST, dan hasil membaca pemahaman siswa setelah menggunakan metode GIST. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode GIST, metode GIST adalah membentuk kemampuan peserta didik dapat memahami inti dari paragraf yang di baca melalui kegiatan membaca dan memproduksi inti kalimat untuk membangun kesleuruhan inti paragraf. Dan agar siswa lebih mudah membuat intisari / rangkuman dari suatu teks cerita sehingga siswa menjadi lebih tertarik sat belajar sehingga minat belajar siswa menjadi lebih tinggi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Jenis dan sumber data yang digunakan adalah data kualitatif dan kuantitatif, sedangkan sumber data pada penelitian ini adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Cipasir Rancaekek. Teknik pegumpulan data adalah menggunakan tes tulis uraian dan juga lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu sebagai berikut : 1) hasil membaca pemahaman siswa sebelum menggunakan metode GIST masih rendah karena nilai rata-rata kelas yaitu 48,84 dengan ketuntasan persentase 8%. 2) proses pembelajaran dengan menggunakan metode GIST pada setiap siklusnya mengalami peningkatan aktivitas guru pada siklus I tindakan I dengan persentase 76%. siklus I tindakan II 82%. siklus II tindakan I 88% dan siklus II tindakan II yaitu 100%. 3) hasil membaca pemahaman siswa pada setiap siklusnya meningkat setelah menerapkan metode GIST yaitu memperoleh hasil rata-rata kelas pada siklus I 71, 68 dengan ketuntasan belajar 52%. Dan nilai rata-rata pada siklus II yaitu 82, 2 dengan ketuntasan belajar 92%. Berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa metode GIST dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa pada mata pelajaran tematik di kelas V MI Muhammadiyah Cipasir Rancaekek Kabupaten Bandung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: metode Generating Interaction between Schemata and Text (GIST); pembelajaran tematik;
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dinka fauziah
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:54
Last Modified: 14 Jan 2020 03:54
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28747

Actions (login required)

View Item View Item