Penerapan strategi Directed Reading Activity (DRA) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran tematik tema daerah tempat tinggalku kemampuan membaca pemahaman: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Muhammadiyah Cipasir Kabupaten Bandung

Masvupah, Ginaeni (2019) Penerapan strategi Directed Reading Activity (DRA) untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada pembelajaran tematik tema daerah tempat tinggalku kemampuan membaca pemahaman: Penelitian tindakan kelas di kelas IV MI Muhammadiyah Cipasir Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (450kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (388kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab iv.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab v.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daptar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan temuan pada pembelajaran Tematik di MI Muhammadiyah Kabupaten Bandung bahwa kegiatan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, diskusi, dan media buku saja. Masalah yang ditemukan ketika pembelajaran itu tidak menggunakan media pembelajaran apalagi menggunakan strategi pembelajaran, sehingga dalam pembelajaran membaca siswa merasa jenuh, pembelajaran menjadi monoton dan tidak menyenangkan. Kemampuan membaca pemahaman siswa juga terlihat pasif, hal ini dapat dilihat dengan adanya siswa yang diperintakan untuk membaca masih ada yang mengobrol dengan temannya, bahkan tidak memperhatikan guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses pembelajaran dan kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum dan setelah penerapan strategi Directed Reading Activity (DRA) pada pembelajaran tematik tema daerah tempat tinggalku di kelas IV MI Muhammadiyah. Pembelajaran Tematik Tema Daerah Tempat Tinggalku dengan menerapkan strategi Directed Reading Activity (DRA) ini diharapkan siswa lebih aktif dalam pembelajaran. Pembelajaran dengan strategi ini di awali dengan mempersiapkan wacana yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan sesuai dengan tujuan pembelajaran, siswa dibagi kedalam beberapa kelompok, kemudian membaca dalam hati, siswa berdiskusi, perwakilan kelompok menceritakan kembali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah PTK yang terdiri dari empat tahap secara berulang, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui instrument lembar observasi proses aktivitas. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas IV MI Muhammadiyah dengan jumlah siswa 25 terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa rata-rata persentase kemampuan membaca pemahaman siswa sebelum penerapan strategi Directed Reading Activity hanya mencapai 5.28% dengan kategori “kurang”. Proses pembelajaran setelah menggunakan strategi Directed Reading Activity mengenai kemampuan membaca pemahaman mengalami peningkatan pada setiap siklusnya Kemampuan membaca pemahaman siswa pada siklus I tindakan I nilai rata-rata 60 dengan ketuntasan 36 % pada siklus I Tindakan II nilai rata-rata 66 dengan ketuntasan 52 % pada siklus II tindakan I nilai rata-rata 70 dengan ketuntasan 68 % tindakan II diperoleh nilai rata-rata 93 dengan ketuntasan belajar sebesar 100 % dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwasannya penerapan strategi Directed Reading Activity (DRA) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: strategi Directed Reading Activity (DRA); kemampuan membaca;
Subjects: Elementary Education > Elementary School
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: ginaeni maspupah jojo
Date Deposited: 14 Jan 2020 03:49
Last Modified: 14 Jan 2020 03:49
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/28748

Actions (login required)

View Item View Item