Mohamad Fahmi, Mohamad (1210206062) (2014) Pengaruh Metode Resitasi terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Keanekaragaman Hayati. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (674kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (910kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati menggunakan metode resitasi dengan pembelajaran konvensional, pengaruh penggunaan metode resitasi dan untuk mendeskripsikan respon siswa pada materi keanekaragaman hayati menggunakan metode resitasi. Hipotesis penelitian ini adalah metode resitasi berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati. Pada penelitian ini digunakan metode kuasi eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian dilaksanakan di kelas VII SMPN 17 Kota Bandung. Populasi 10 kelas, diambil dua kelas untuk sampel sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah siswa masing-masing kelas 36 siswa. Pengumpulan data menggunakan tes kognitif sebanyak 20 soal pilihan ganda dan angket. Data penelitian dianalisis dengan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, dan uji Mann-Whitney. Rata-rata hasil belajar siswa pada pembelajaran dengan menggunakan metode resitasi sangat baik (87,36), peningkatan hasil belajar (N-Gain) sedang (0,63). Pada kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional sangat baik (82,73), peningkatan hasil belajar (N-Gain) sedang (0,59). Hasil uji t nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol diperoleh thitung 2,89 > ttabel 2,36. Hasil uji Mann-Whitney untuk nilai N-Gain diperoleh Zhitung 7,89 > Ztabel 1.65 pada taraf signifikansi 5%. Hasil analisis angket menunjukan respon siswa kuat terhadap pembelajaran dengan metode resitasi (80,34%) dan respon siswa terhadap pembelajaran konvensional kuat (77,03%). Dapat disimpulkan bahwa metode resitasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi keanekaragaman hayati.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode resitasi, keanekaragaman hayati, hasil belajar, analisis dan N-Gain. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 234 not found. |
Date Deposited: | 09 Feb 2017 04:11 |
Last Modified: | 10 Feb 2017 12:22 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2884 |
Actions (login required)
View Item |