Rizka Robiatul Addawiyah, Rizka (1210206092) (2014) Pengaruh Metode Learning Start With A Question terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Ekosistem (Penelitian terhadap Siswa Kelas VII MTs. Negeri Plered kab. Purwakarta). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (661kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (203kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) |
Abstract
Penelititian dilakukan di kelas VII MTsN Plered-Purwakarta pada materi ekosistem. Berdasarkan observasi secara langsung dan wawancara dengan guru di MTs.N Plered bahwa aktivitas siswa dikelas kurang aktif, kemampuan berpikir kritis siswa di kelas rendah dan variasi model pembelajaran yang diterapkan guru kurang. Maka agar siswa dikelas aktif dan kemampuan berpikir kritis siswa meningkat digunakan metode Learning Start With A Question dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menerapkan metode learning start with a question. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa, dan tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan metode learning start with a question pada materi ekosistem. Adapun kerangka pemikiran dari penelitian ini yaitu Siswa dituntut untuk aktif bertanya terutama pada awal pembelajaran, proses bertanya yang dilakukan siswa merupakan proses berpikir yang dilakukan siswa dalam rangka memecahkan masalah dalam pembelajaran. Proses pembelajaran dengan seperti ini siswa akan aktif dikelas dan pemikiran kritis pun akan terbentuk. Metode Learning Start With A Question adalah suatu metode pembelajaran aktif dalam bertanya, dimana siswa dilibatkan langsung dalam proses pembelajaran. Aktif bertanya pada awal pembelajaran akan merangsang siswa untuk berpikir kritis tentang materi yang akan di sampaikan. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata N-Gain peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen 0,54 dan pada kelas kontrol 0,49. Agar terlihat signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa antara pembelajaran dengan metode Learning Start With A Question dan dengan tanpa menggunakan metode Learning Start With A Question dipresentasikan melalui nilai pretest dan posttest serta N-Gain. Untuk membuktikan hipotesis tersebut digunakan uji signifikansi dengan uji t terlebih dahulu dilakukan uji nomalitas dan homogenitas. Karena salah satu data tidak normal maka dilakukan uji mann-whitney. Berdasarkan hasil uji mann-whitney antara skor N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh hasil bahwa Zhitung > Ztabel . dengan demikian Zhitung > Ztabel yaitu 1,98 > 1,65; Ho ditolak dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh antara nilai N-Gain pretest dan posttest kelas eksperimen dengan N-Gain pretest dan posttest kelas kontrol. Hal tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode Learning Start With A Question terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Start With A Question, Kemampuan Berpikir Kritis, Ekosistem,pendidikan,biologi. |
Subjects: | Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Ecology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 234 not found. |
Date Deposited: | 10 Feb 2017 00:29 |
Last Modified: | 10 Feb 2017 11:46 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2885 |
Actions (login required)
View Item |