Penerapan lembar kerja berbasis inkuiri untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada praktikum pembuatan edible film

Musyarofah, Nur Ulsyah (2016) Penerapan lembar kerja berbasis inkuiri untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada praktikum pembuatan edible film. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (438kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (345kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (416kB)

Abstract

Pembelajaran kimia di SMK yang sebagian besar berkonsep abstrak menuntut adanya keterampilan berpikir yang mendalam dan kritis. Selain itu pembelajaran kimia di SMK juga perlu dikaitkan dengan kompetensi keahlian yang dikembangkan, agar siswa dapat melihat esensi dari pembelajaran kimia. Maka dalam penelitian ini disusunlah sebuah lembar kerja berbasis inkuiri untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa yang diterapkan dalam praktikum pembuatan edible film, yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa, dengan subjek 28 orang siswa SMK dari bidang keahlian agribisnis yang sudah mempelajari konsep polimer. Desain penelitian ini adalah penelitian kelas dengan menggunakan Instrumen deskripsi pembelajaran, lembar observasi aktivitas, lembar penilaian afektif dan psikomotor, lembar kerja siswa berbasis inkuiri, dan lembar tes keterampilan berpikir kritis yang telah divalidasi oleh tiga dosen ahli dan diuji cobakan terhadap 10 orang siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai aktivitas guru dan siswa berkategori sangat baik dengan nilai 95 dan 100, nilai kemampuan berpikir kritis siswa selama pembelajaran adalah 68 dengan kategori baik, dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran adalah 79,6 dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Berbasis Inkuiri; Keterampilan Berpikir Kritis; Praktikum Edible Film;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Analytical Chemistry > Optical Spectroscopy, Spectrum Analysis
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 27 Jan 2020 05:53
Last Modified: 27 Jan 2020 05:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29043

Actions (login required)

View Item View Item