Musyarofah, Nur Ulsyah (2016) Penerapan lembar kerja berbasis inkuiri untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada praktikum pembuatan edible film. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (242kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (440kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (438kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (883kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (345kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (416kB) |
Abstract
Pembelajaran kimia di SMK yang sebagian besar berkonsep abstrak menuntut adanya keterampilan berpikir yang mendalam dan kritis. Selain itu pembelajaran kimia di SMK juga perlu dikaitkan dengan kompetensi keahlian yang dikembangkan, agar siswa dapat melihat esensi dari pembelajaran kimia. Maka dalam penelitian ini disusunlah sebuah lembar kerja berbasis inkuiri untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa yang diterapkan dalam praktikum pembuatan edible film, yang bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dan menganalisis keterampilan berpikir kritis siswa, dengan subjek 28 orang siswa SMK dari bidang keahlian agribisnis yang sudah mempelajari konsep polimer. Desain penelitian ini adalah penelitian kelas dengan menggunakan Instrumen deskripsi pembelajaran, lembar observasi aktivitas, lembar penilaian afektif dan psikomotor, lembar kerja siswa berbasis inkuiri, dan lembar tes keterampilan berpikir kritis yang telah divalidasi oleh tiga dosen ahli dan diuji cobakan terhadap 10 orang siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai aktivitas guru dan siswa berkategori sangat baik dengan nilai 95 dan 100, nilai kemampuan berpikir kritis siswa selama pembelajaran adalah 68 dengan kategori baik, dan keterampilan berpikir kritis siswa setelah pembelajaran adalah 79,6 dengan kategori sangat baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lembar Kerja Berbasis Inkuiri; Keterampilan Berpikir Kritis; Praktikum Edible Film; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Analytical Chemistry > Optical Spectroscopy, Spectrum Analysis |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rizal Mohamad Sihabudin |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 05:53 |
Last Modified: | 27 Jan 2020 05:53 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29043 |
Actions (login required)
View Item |