Pengaruh strategi active learning tipe crossword puzzle (teka-teki silang) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI pokok bahasan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan dalam islam: Penelitian terhadap siswa kelas VIII C SMP Karya Pembangunan 10 Kota Bandung

Agustin, Maulida Dwi (2017) Pengaruh strategi active learning tipe crossword puzzle (teka-teki silang) terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI pokok bahasan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan dalam islam: Penelitian terhadap siswa kelas VIII C SMP Karya Pembangunan 10 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (611kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di kelas VIII SMP Karya Pembangunan 10 kota Bandung bahwa dalam pembelajaran PAI guru sering digunakan metode ceramah, tanya jawab dan penugasan, terkadang juga guru memberi pujian kepada siswanya yang mengerjakan tugas dengan benar serta merubah penataan tempat duduk. Oleh karena itu, penulis merasa tertarik untuk mencoba menerapkan strategi active learning tipe crossword puzzle untuk mengetahui sejauh mana pengaruhnya terhadap minat belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Proses pembelajaran menggunakan strategi active learning tipe crossword puzzle (2) Minat belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan strategi active learning tipe crossword puzzle dan (3) Pengaruh strategi active learning tipe crossword puzzle terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini berangkat dari sebuah pemikiran bahwa strategi pembelajaran aktif (active learning) tipe crossword puzzle memiliki kelebihan yaitu strategi pembelajaran ini lebih menarik dan menyenangkan tanpa kehilangan esensi belajar serta melibatkan partisipasi siswa secara aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Teknik pengumpulan berupa angket dan observasi, Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan pendekatan statistik. Adapun hasil dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa : (1) Proses pembelajaran menggunakan strategi active learning tipe crossword puzzle pada mata pelajaran PAI di kelas VIII C SMP Karya Pembangunan 10 Kota Bandung terlaksana dengan baik. Hal ini berdasarkan pada tanggapan siswa dengan skor yang diperoleh 79,22. (2) Minat belajar siswa sebelum mengunakan strategi active learning tipe crossword puzzle nilai rata-rata adalah 64,04 dengan katagori cukup. Sedangkan pada minat belajar siswa sesudah mengunakan strategi active learning tipe crossword puzzle nilai rata-rata yang diperoleh adalah 78,5 dengan katagori baik. (3) Pengaruh strategi active learning tipe crossword puzzle terhadap minat belajar siswa sebesar 0,36 dengan katagori sedang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: strategi pembelajaran; minat belajar; pendidikan agama islam;
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 29 Jan 2020 01:31
Last Modified: 29 Jan 2020 01:33
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29091

Actions (login required)

View Item View Item