Cece Hermawan, Cece (1210205014) (2014) Penggunaan Emotional Freedom Technique (EFT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII MTs Darul Ulum YTM Pasir Tanjung Kab. Bogor). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (783kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Download (108kB) |
Abstract
Kemampuan kognitif siswa diduga masih rendah. Salah satunya disebabkan guru di sekolah cenderung menggunakan pembelajaran konvensional yang membuat siswa menjadi tidak aktif dalam pembelajaran. Diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Pembelajaran dengan menggunakan EFT menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilakukan MTs Darul Ulum YTM Pasir Tanjung Kab. Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (a) Gambaran aktivitas siswa dan guru dengan EFT. (b) Kemampuan kognitif siswa sebelum dan sesudah menggunakan EFT . (c) Kemampuan kognitif siswa sebelum dan sesudah menggunakan konvensional. (d) Perbedaan pengaruh EFT dan model Konvensional terhadap kemampuan kognitif siswa. (e) Sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan EFT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan instrumen nontes. Setelah dilaksanakan observasi, data dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Gambaran aktivitas siswa dan guru tergolong baik. (b) Nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan EFT berturut-turut adalah 18,33 dan 34,67. (c) Nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan konvensional berturut-turut adalah 13,67 dan 25,00. (d) Terdapat perbedaan pengaruh EFT dan Konvensional terhadap kemampuan siswa. (e) Skor respon positif siswa terhadap EFT sebesar 3,60 (siswa memiliki respon positif untuk EFT).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | emotional freedom technique, hasil belajar kognitis, uji t independent. |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 234 not found. |
Date Deposited: | 20 Feb 2017 02:57 |
Last Modified: | 17 Mar 2017 09:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2927 |
Actions (login required)
View Item |