Penggunaan Emotional Freedom Technique (EFT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII MTs Darul Ulum YTM Pasir Tanjung Kab. Bogor)

Cece Hermawan, Cece (1210205014) (2014) Penggunaan Emotional Freedom Technique (EFT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII MTs Darul Ulum YTM Pasir Tanjung Kab. Bogor). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (783kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf

Download (108kB)

Abstract

Kemampuan kognitif siswa diduga masih rendah. Salah satunya disebabkan guru di sekolah cenderung menggunakan pembelajaran konvensional yang membuat siswa menjadi tidak aktif dalam pembelajaran. Diperlukan suatu penelitian yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Pembelajaran dengan menggunakan EFT menjadi salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang dilakukan MTs Darul Ulum YTM Pasir Tanjung Kab. Bogor. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah: (a) Gambaran aktivitas siswa dan guru dengan EFT. (b) Kemampuan kognitif siswa sebelum dan sesudah menggunakan EFT . (c) Kemampuan kognitif siswa sebelum dan sesudah menggunakan konvensional. (d) Perbedaan pengaruh EFT dan model Konvensional terhadap kemampuan kognitif siswa. (e) Sikap siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan EFT. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperimen. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian berupa tes dan instrumen nontes. Setelah dilaksanakan observasi, data dikaji dan dianalisis. Berdasarkan hasil pengolahan data, diperoleh: (a) Gambaran aktivitas siswa dan guru tergolong baik. (b) Nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan EFT berturut-turut adalah 18,33 dan 34,67. (c) Nilai rata-rata siswa sebelum dan sesudah menggunakan konvensional berturut-turut adalah 13,67 dan 25,00. (d) Terdapat perbedaan pengaruh EFT dan Konvensional terhadap kemampuan siswa. (e) Skor respon positif siswa terhadap EFT sebesar 3,60 (siswa memiliki respon positif untuk EFT).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: emotional freedom technique, hasil belajar kognitis, uji t independent.
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 234 not found.
Date Deposited: 20 Feb 2017 02:57
Last Modified: 17 Mar 2017 09:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/2927

Actions (login required)

View Item View Item