Syamsiah, Nur (2019) Model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) untuk meningkatkan keterampilan berkomunikasi siswa pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (132kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (110kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (515kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (487kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (434kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (611kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya keterampilan komunikasi, namun kenyataan dilapangan menunjukan bahwa keterampilan komunikasi siswa masih rendah. Agar permasalahan tersebut dapat diatasi, diperlukan sebuah model pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Oleh karena itu, dipilih model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dengan pendekatan saintifik. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Pre-eksperimen dengan desain One Group pretest-posttest. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Triyasa Kota Bandung. Sampel terdiri dari satu kelas sebagai kelas eksperimen yang dipilih secara Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes keterampilan berkomunikasi. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa hasil penelitian menunjukan peningkatan keterampilan berkomunikasi siswa dengan pembelajaran menggunakan model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) terlaksana dengan baik, dengan nilai rata-rata keterlaksanaan untuk guru 90.5% dan keterlaksanaan siswa 86%. Keterampilan komunikasi siswa mengalami peningkatan dilihat dari rata-rata hasil pretest dan postest yang memiliki nilai rata-rata 0,55 dengan kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t-berpasangan (paired) menunjukan bahwa nilai yang dihasilkan dari t-hitung dengan taraf signifikansi 0,05 memperoleh thitung > ttabel (17.66 > 1,99) artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Hal ini Menunjukan bahwa terdapat perbedaan sebelum dan sesudah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). Sementara respon siswa dengan menggunakan model Pembelajaran CORE memperoleh nilai rata-rata 3,21 dengan kategori tinggi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran CORE; Pendekatan Saintifik; Keterampilan Komunikasi |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nur Syamsiah |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 06:49 |
Last Modified: | 12 Feb 2020 06:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29435 |
Actions (login required)
View Item |