Pengaruh pendekatan Science Environment Technology and Society (SETS) untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi Fluida dinamis

Ernawati, Sri Atik (2019) Pengaruh pendekatan Science Environment Technology and Society (SETS) untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi Fluida dinamis. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (378kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (687kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (199kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Pemahaman konsep adalah kemampuan peserta didik untuk merumuskan makna dari pesan pembelajaran dan mampu mengkomunikasikannya dalam bentuk lisan maupun tulisan. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk mendapatkan data keterlaksanaan pembelajaran fisika pada materi fluida dinamis dan untuk mendapatkan data peningkatan pemahaman konsep peserta didik kelas XI MIPA 2 MAN 2 Bandung. Sampelnya adalah sebanyak 26 peserta didik ditentukan dengan teknik purposive sampling. Data aktivitas guru dan peserta didik diperoleh dari lembar observasi. Sedangkan untuk data peningkatan pemahaman konsep peserta didik diperoleh melalui tes uraian sebanyak tujuh soal. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata keseluruhan keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 90% dan aktivitas peserta didik sebesar 79% dengan kategori sangat baik. Terdapat peningkatan pemahaman konsep peserta didik pada materi fluida dinamis dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,56 dengan kategori sedang. Diperoleh thitung (14,68) > ttabel (1,708), bahwa Hipotesis Nol (H0) ditolak dan Hipotesis Alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian pendekatan Science Environment Technology and Society (SETS) dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fluida Dinamis; Pemahaman Konsep; Pendekatan Science Environment Technology and Society (SETS);
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Sri Atik Ernawati
Date Deposited: 18 Feb 2020 04:20
Last Modified: 18 Feb 2020 04:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29588

Actions (login required)

View Item View Item