Solehah, Erna (2020) Tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap endorsement sebagai media pemasaran melalui instagram. Diploma thesis, UIN Sunan Gung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (392kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
Abstract
Endorsement merupakan pemeberian dukungan terhadap sesorang atau sesuatu sebagai ajang promosi. Dalam perkembangannya endorsement merupakan profesi penjual jasa terhadap penggunaannya. Endorsement menjadi salah satu media pemasaran yang paling diminati pada zaman modern unu. Problemnya adalah endorsement ini belum memiliki kedudukan hukum yang jelas dikalangan para fuqoha sehingga perlu dilakukan penelitian untuk mendapatkan kejelasan hukum jual jasa endorsement tersebut. Adapun tujuan peneletian ini adalah Untuk mengetahui mekanisme endorsement sebagai media pemasaran melalui instagram dan untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap praktek endorsement sebagai media pemasaran melalui instagram serta untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap endorsement sebagai media pemasran melalui instagram. Pengertian Ju’alah secara bahasa ju’alah adalah janji untuk memberikan imbalan award/ ja’izah (al-ju’alah aw al-wa’d bi ja’izah) kepada pihak lain apabila berhasil mencapai natijah tertentu. Al-‘amil tidak berhak mendapatkan imbalan dari ja’il jika tidak mencapai natijah secara sempurna. Akad ju’alah termasuk akad pertukaran (mubadalah/ mu’awadhat), didalamnya terdapat pertukaran antara al-jul (imbalan) dan al-natijah (pencapaian prestasi tertentu). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis metode yang digunakan untuk mendeskripsikan dan memahami tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap endorsement sebagai media pemasaran melalui instagram berdasarkan hubungan teori dengan kenyataan dilapangan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan pemasaran dengan menggunakan penyedia jasa endorsement masih banyak pengguna dan penyedia jasa merasa dirugikan oleh salah satupihak yang menggunakan dan menyediakan jasa layanan tersebut dan tidak ada kedudukan hukum yang jelas dikalangan para fuqoha yang mengatur tentang hukum jual jasa ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | endorsement; pemasaran; instagram; ekonomi syariah; |
Subjects: | Business > Education, Research, Related Topics of Business Business > Job Applications |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah |
Depositing User: | Erna Solehah |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 00:26 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 02:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31646 |
Actions (login required)
View Item |