Kusnadi, Fida Nisaa (2020) Peningkatan kemampuan spasial siswa SMP melalui pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMPN 17 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (434kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan design Nonequivalent Control Group Design. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (a) gambaran keterlaksanaan pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher; (b) peningkatan kemampuan spasial siswa yang memperoleh pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (c) pencapaian kemampuan spasial siswa yang memperoleh pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau berdasarkan Pengetahuan Awal Matematika (PAM); (d) respon siswa terhadap pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Kota Bandung. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil penelitian ini yaitu: (a) gambaran keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dapat dikategorikan sangat baik berdasarkan hasil rata – rata pada lembar observasi yang telah dinilai oleh observer; (b) peningkatan kemampuan spasial siswa yang memperoleh pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher dengan rata – rata skor n-gain 0.56 lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dengan rata – rata skor ¬n-gain 0.44; (c) pencapaian kemampuan spasial siswa yang memperoleh pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (d) respon siswa merespon positif terhadap pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher dikategori.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan spasial; Tutorial; dan 3D Grapher; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Mathematics > Research Methods of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Fida Nisaa Kusnadi |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 03:20 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 03:20 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31836 |
Actions (login required)
View Item |