Peningkatan kemampuan spasial siswa SMP melalui pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMPN 17 Bandung

Kusnadi, Fida Nisaa (2020) Peningkatan kemampuan spasial siswa SMP melalui pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher: Penelitian kuasi eksperimen di kelas VIII SMPN 17 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan design Nonequivalent Control Group Design. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (a) gambaran keterlaksanaan pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher; (b) peningkatan kemampuan spasial siswa yang memperoleh pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (c) pencapaian kemampuan spasial siswa yang memperoleh pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional ditinjau berdasarkan Pengetahuan Awal Matematika (PAM); (d) respon siswa terhadap pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP Kota Bandung. Instrumen yang digunakan adalah tes dan non tes. Hasil penelitian ini yaitu: (a) gambaran keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dapat dikategorikan sangat baik berdasarkan hasil rata – rata pada lembar observasi yang telah dinilai oleh observer; (b) peningkatan kemampuan spasial siswa yang memperoleh pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher dengan rata – rata skor n-gain 0.56 lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional dengan rata – rata skor ¬n-gain 0.44; (c) pencapaian kemampuan spasial siswa yang memperoleh pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher lebih tinggi dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional; (d) respon siswa merespon positif terhadap pembelajaran tutorial berbasis 3D Grapher dikategori.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan spasial; Tutorial; dan 3D Grapher;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Mathematics > Research Methods of Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Fida Nisaa Kusnadi
Date Deposited: 14 Jul 2020 03:20
Last Modified: 14 Jul 2020 03:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31836

Actions (login required)

View Item View Item