Penerapan lembar kerja berbasis saintifik untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit: Penelitian kelas terhadap siswa SMA Negeri 26 Bandung

Maulana, Ahmad Reza (2017) Penerapan lembar kerja berbasis saintifik untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit: Penelitian kelas terhadap siswa SMA Negeri 26 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (959kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (845kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Larutan elektrolit nonelektrolit merupakan konsep kimia yang termasuk kedalam jenis konsep yang bersifat abstrak contoh konkrit. Pembelajaran yang dilakukan diterapkan melalui lembar kerja berbasis saintifik, dan pertanyaan-pertanyaan di dalam lembar kerja berbasis saintifik ini dikembangkan mengacu pada indikator keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan aktivitas siswa ketika proses pembelajaran, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja dan menganalisis pengembangan keterampilan berpikir siswa setelah penerapan lembar kerja. metode yang digunakan menggunakan metode penelitian kelas, dimana subjeknya adalah siswa kelas X MIPA 3 SMAN 26 Bandung sebanyak 37 orang. Hasil rata-rata yang didapatkan pada aktivitas siswa ketika proses penerapan lembar kerja berbasis saintifik adalah 83,78% dengan nilai tertinggi 88,89% pada tahap mengkomunikasikan, nilai terendah pada tahap mengamati dan tahap mengkomunikasikan dengan nilai yang sama 77,78%. Sedangkan nilai rata-rata yang didapat pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja berbasis saintifik yaitu 74, dengan nilai tertinggi 83 ketegori menanya dan nilai terendah 63 kategori mengamati. Nilai rata-rata tes keterampilan berpikir kritis setelah penerapan lembar kerja mendapat 75,1 dengan kategori baik. Dengan demikian penerapan lembar kerja berbasis saintifik ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kritis; Lembar Kerja Berbasis Saintifik; Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Organic Chemistry > Macromolecules and Related Compounds
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Rizal Mohamad Sihabudin
Date Deposited: 05 Aug 2020 02:15
Last Modified: 05 Aug 2020 02:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32387

Actions (login required)

View Item View Item