Maulana, Ahmad Reza (2017) Penerapan lembar kerja berbasis saintifik untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa pada konsep larutan elektrolit dan nonelektrolit: Penelitian kelas terhadap siswa SMA Negeri 26 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (959kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Larutan elektrolit nonelektrolit merupakan konsep kimia yang termasuk kedalam jenis konsep yang bersifat abstrak contoh konkrit. Pembelajaran yang dilakukan diterapkan melalui lembar kerja berbasis saintifik, dan pertanyaan-pertanyaan di dalam lembar kerja berbasis saintifik ini dikembangkan mengacu pada indikator keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan aktivitas siswa ketika proses pembelajaran, menganalisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja dan menganalisis pengembangan keterampilan berpikir siswa setelah penerapan lembar kerja. metode yang digunakan menggunakan metode penelitian kelas, dimana subjeknya adalah siswa kelas X MIPA 3 SMAN 26 Bandung sebanyak 37 orang. Hasil rata-rata yang didapatkan pada aktivitas siswa ketika proses penerapan lembar kerja berbasis saintifik adalah 83,78% dengan nilai tertinggi 88,89% pada tahap mengkomunikasikan, nilai terendah pada tahap mengamati dan tahap mengkomunikasikan dengan nilai yang sama 77,78%. Sedangkan nilai rata-rata yang didapat pada kemampuan siswa dalam menyelesaikan lembar kerja berbasis saintifik yaitu 74, dengan nilai tertinggi 83 ketegori menanya dan nilai terendah 63 kategori mengamati. Nilai rata-rata tes keterampilan berpikir kritis setelah penerapan lembar kerja mendapat 75,1 dengan kategori baik. Dengan demikian penerapan lembar kerja berbasis saintifik ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis; Lembar Kerja Berbasis Saintifik; Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Organic Chemistry > Macromolecules and Related Compounds |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Rizal Mohamad Sihabudin |
Date Deposited: | 05 Aug 2020 02:15 |
Last Modified: | 05 Aug 2020 02:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/32387 |
Actions (login required)
View Item |