Efektivitas penggunaan laboratorium PAI hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi pelajaran haji dan umroh : Penelitian pada siswa kelas IX SMP Negeri 13 Bandung tahun ajaran 2019/2020

Priatna, Deni (2020) Efektivitas penggunaan laboratorium PAI hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi pelajaran haji dan umroh : Penelitian pada siswa kelas IX SMP Negeri 13 Bandung tahun ajaran 2019/2020. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (388kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB) | Request a copy

Abstract

Masalah yang dihadapi dalam penelitian ini adalah sulitnya menemukan sarana pendidikan laboratorium PAI di sekolah. Hal ini disebabkan karena materi pelajaran Pendidikan Agama Islam sebenarnya membutuhkan suatu laboratorium agar proses pembelajaran di sekolah menjadi lebih baik lagi, contohnya materi haji dan umroh yang membutuhkan sarana seperti laboratorium PAI agar siswa dapat melihat dan mempraktekan haji dan umroh di laboratorium sehingga dapat membuat siswa semakin memahami materi haji dan umroh. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan laboratorium PAI hubungannya dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi Haji dan Umroh kelas IX di SMP Negeri 13 Bandung. Penelitian ini merupakan jenis penelitian korelasi deskripsi, kemudian penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk melihat hubungan antara efektivitas penggunaan laboratorium PAI dengan hasil belajar kognitif siswa dengan 29 siswa kelas IX sebagai responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket untuk melihat efektivitas penggunaan laboratorium PAI dan tes soal untuk melihat hasil belajar kognitif siswa, serta teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas angket dan tes, reliabilitas, uji normalitas dan koefesien korelasi regresi. Teori yang melatar belakangi penelitian ini adalah bahwa pendidikan yang hanya melibatkan indera pendengaran saja dapat diserap hanya 15% saja. Bilamana ditambah indera penglihatan, maka dapat menyerap materi pelajaran sebanyak 35-55%. Maka apabila menggunakan indera penglihatan, pendengaran ditambah indera penggerak dan menggunakan pikiran, maka materi yang dapat diserap akan lebih banyak lagi yakni antara 80-90%.”. Namun, hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan laboratorium PAI di SMP Negeri 13 Bandung tergolong efektif, hasil belajar kognitif siswa pada materi pelajaran haji dan umroh termasuk kategori sedang dengan nilai rata rata 7,79 dan persentase sebesar 58,6 %, kemudian tidak terdapat hubungan atau korelasi antara efektifitas penggunaan laboratorium PAI dengan hasil belajar kognitif siswa pada materi pelajaran haji dan umroh di kelas IX SMP Negeri 13 Bandung tahun ajaran 2019/2020 dengan koefesien -0,170.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas;laboratorium PAI;hasil belajar kognitif
Subjects: Causation
Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Deni Priatna
Date Deposited: 11 Aug 2020 03:02
Last Modified: 11 Aug 2020 03:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/32519

Actions (login required)

View Item View Item