Pengaruh modal kerja dan likuidias terhadap rentabilitas pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI): Studi di PT. Globalmediacom TBK periode 2009-2018

Khatami, Zulfikar (2020) Pengaruh modal kerja dan likuidias terhadap rentabilitas pada perusahaan yang terdaftar di Indeks Saham Syariah (ISSI): Studi di PT. Globalmediacom TBK periode 2009-2018. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (383kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertumbuhan dan perkembangan ekonomi di era globalisasi ini berkembang secara pesat baik di Indonesia maupun diseluruh dunia. Oleh karena itu efesiensi dan efektifitas dalam bekerja harus selalu ditingkatkan oleh perusahaan sehingga tujuan perusahaan dalam mendapatkan laba yang optimal akan tercapai dengan baik salah satunya dengan menjaga kondisi modal dan cash ratio perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh modal kerja secara parsial terhadap Return On Investment (ROI) pada PT. Global Mediacom, Tbk ; untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Cash Ratio (CR) secara parsial terhadap Return On Investment (ROI) PT. Global Mediacom, Tbk ; untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh modal kerja dan Cash Ratio (CR) secara simultan terhadap Return On Investment (ROI) PT. Global Mediacom, Tbk. Modal kerja adalah keseluruhan aktiva lancar yang dimiliki perusahaan atau dapat disebut sebagai dana yang harus tersedia untuk membiayai kegiatan oprasional kegiatan sehari-hari. Semakin baik perusahaan dalam memaksimalkan modal kerja yang dimilikinya maka meningkat pula laba yang dihasilkan perusahaan. Cash ratio merupakan alat untuk mengukur seberapa besar uang kas yang tersedia untuk membayar hutang yang dapat ditunjukkan dari tersedianya dana kas atau setara dengan kas seperti rekening giro. Likuiditas yang tersedia harus cukup, tidak boleh terlalu kecil karena dapat menganggu operasional sehari hari yang berdampak pada rendahnya tingkat laba yang diperoleh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari laporan publikasi PT. Global Mediacom, Tbk periode 2009-2018. Teknik analisis yang digunakan adalah dengan analisis regresi sederhana dan regresi berganda, korelasi pearson product moment dan korelasi berganda, koefisien determinasi, serta analisis uji hipotesis (uji t dan uji F). Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial modal kerja tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Investment (ROI), hal ini ditunjukan dengan nilai t hitung sebesar 1,695 dan koefisien determinasi sebesar 26,4%. Secara parsial Cash Ratio (CR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Investment (ROI), hal ini ditunjukan dengan nilai t hitung 0,291 dan koefisien determinasi sebesar 8,5%. Kemudian secara simultan modal kerja dan Cash Ratio (CR) tidak berpengaruh signifikan terhadap Return On Investment (ROI) hal ini ditunjukan oleh nilai F hitung 1,258 dan koefisien determinasi sebesar 26,4% pada PT. Global Mediacom, Tbk .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Modal Kerja; Likuiditas; Rentabilitas
Subjects: General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Zulfikar Khatami
Date Deposited: 10 Sep 2020 02:48
Last Modified: 10 Sep 2020 02:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33249

Actions (login required)

View Item View Item