Respon siswa terhadap penggunaan Google Form dalam evaluasi pembelajaran hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada kelas VIII SMPN 1 Cileunyi

Nashrudin, Auliya Rahma (2020) Respon siswa terhadap penggunaan Google Form dalam evaluasi pembelajaran hubungannya dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI: Penelitian pada kelas VIII SMPN 1 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (163kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan, diperoleh informasi bahwa di sekolah SMPN 1 Cileunyi dalam proses evaluasi pembelajaran PAI menggunakan aplikasi google form. Secara garis besar penggunaan aplikasi ini berjalan dengan baik dan siswa mengikutinya dengan penuh antusias. Penulis tertarik untuk meneliti mengenai respon siswa terhadap penggunaan google form ini dan hubungannya dengan motivasi belajar mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Respon siswa penggunaan google form dalam evaluasi pembelajaran pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 1 Cileunyi (2) motivasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 1 Cileunyi (3) Hubungan antara respon siswa terhadap penggunaan google form dalam evaluasi pembelajaran dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 1 Cileunyi. Motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh adanya respon siswa terhadap suatu rangsangan sehingga timbullah motivasi dalam dirinya untuk belajar. Oleh karena itu penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran, jika respon siswa terhadap penggunaan google form dalam evaluasi pembelajaran tinggi maka motivasi belajar mereka pun mempunyai motivasi yang tinggi. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif korelasional, 2) Sumber penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi dari 198 orang siswa diambil sampel dengan cara propotional random sampling sebanyak 40 orang 3) Teknik pengumpulan data penelitian melalui angket, wawancara, observasi, dan studi pustaka 4) Teknik analisis data penelitian yaitu dengan analisis parsial dan analisis korelasional 5) Tempat dan waktu penelitian di SMPN 1 Cileunyi pada bulan Juli 2020. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan: (1) Respon siswa terhadap penggunaan google form dalam evaluasi pembelajaran siswa kelas VIII SMPN 1 Cileunyi termasuk pada kategori netral dengan nilai 3,45 yang berada pada interval 2,5 – 3,5. (2) Motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI kelas VIII SMPN 1 Cileunyi termasuk pada kategori tinggi dengan nilai 3,7 yang berada pada interval 3,40 – 4,19 (3) Hubungan respon siswa terhadap penggunaan google form dalam evaluasi pembelajaran dengan motivasi belajar mereka pada mata pelajaran PAI di kelas VIII SMPN 1 Cileunyi berada pada kategori sangat rendah dengan koefisien korelasi sebesar 0,19. Derajat pengaruh variabel X terhadap variabel Y nya sebesar 3%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Respon; Google Form; Motivasi Belajar; PAI; Siswa
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Auliya Rahma Nashrudin
Date Deposited: 05 Oct 2020 04:13
Last Modified: 05 Oct 2020 04:13
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/33925

Actions (login required)

View Item View Item