Meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini melalui metode bercerita menggunakan media gambar hasil karya anak : Penelitian tindakan kelas pada kelompok B3 RA Al-Furqon Margasari Kecamatan Buah Batu Kota Bandung

Marhayu, Marhayu (2018) Meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini melalui metode bercerita menggunakan media gambar hasil karya anak : Penelitian tindakan kelas pada kelompok B3 RA Al-Furqon Margasari Kecamatan Buah Batu Kota Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (252kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (468kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (539kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara anak yang terjadi pada kelompok B3 RA Al-Furqon Margasari Kecamatan Buah Batu Kota Bandung, yakni masih banyak anak yang kurang dalam keterampilan berbicara pada saat melakukan metode bercerita menggunakan media gambar hasil karya anak. Keterampilan berbicara merupakan suatu aktivitas anak yang sangat penting, karena dengan berbicara anak dapat berkomunikasi antara sesama anak, menyatakan pendapat, menyampaikan maksud dan pesan, mengungkapkan perasaan. Namun demikian rendahnya keterampilan berbicara anak merupakan salah satu indikasi kegagalan tujuan pembelajaran yang telah di implementasikan. Selain dari itu, fakta yang ada menunjukan ketidakmampuan guru menggunakan metode dalam pembelajaran menjadi faktor utama dalam masalah yang terjadi. Oleh sebab itu diperlukan alternatif penggunaan metode pembelajaran yang salah satunya ialah menggunakan metode bercerita menggunakan media gambar hasil karya anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1). Meningkatkan keterampilan berbicara anak sebelum diterapkan metode bercerita menggunakan media gambar hasil karya anak (2). Meningkatkan berbicara anak ketika menerapkan metode bercerita menggunakan media gambar hasil karya anak setiap siklus (3). Meningkatkan berbicara anak setelah diterapkan metode bercerita menggunakan media gambar hasil karya anak setiap siklus pada kelompok B3 RA Al-Furqon. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan campuran. Subjek penelitian ini adalah kelompok B3 RA Al-Furqon sebanyak 14 orang siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi, unjuk kerja, lembar wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi pra siklus sebelum menerapkan metode bercerita menggunakan media gambar hasil karya anak, keterampilan berbicara anak dikategorikan mulai berkembang. Dari 14 orang siswa hanya 2 orang siswa yang berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata sebesar 42.40%. Sedangkan proses aktivitas guru pada siklus I mencapai 77.27% dengan kriteria baik, kemudian pada siklus II mencapai nilai 95.45% dengan kriteria baik sekali. Sedangkan keterampilan berbicara siswa pada siklus I mencapai nilai 77.27%, kemudian meningkat pada siklus II Sebesar 95.45% dengan kriteria baik sekali. Ketercapaian keterampilan berbicara anak setelah menerapkan metode bercerita menggunakan media gambar hasil karya anak mengalami peningkatan pada siklus I dengan nilai rata-rata 68.74% berada dalam kategori berkembang sesuai harapan (BSH), kemudian pada siklus II ketercapaian keterampilan berbicara anak dengan nilai rata-rata 84.37% berada dalam kategori berkembang sangat baik (BSB). Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa melalui metode bercerita menggunakan media gambar hasil karya anak dapat meningkatkan keterampilan berbicara anak usia dini. Maka proses pembelajaran dinyatakan tercapai dan meningkat dari keadaan sebelumnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Meningkatkan Keterampilan Berbicara; Anak Usia Dini
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Marhayu Marhayu
Date Deposited: 14 Oct 2020 03:48
Last Modified: 14 Oct 2020 03:48
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34253

Actions (login required)

View Item View Item