Upaya perlindungan hukum terhadap pelayanan konsumen listrik oleh PT. PLN (Persero) dihubungkan dengan undang-undang perlindungan konsumen dan undang-undang ketenagalistrikan di Surade Kabupaten Sukabumi

Fachrudin, Alif Pasah (2020) Upaya perlindungan hukum terhadap pelayanan konsumen listrik oleh PT. PLN (Persero) dihubungkan dengan undang-undang perlindungan konsumen dan undang-undang ketenagalistrikan di Surade Kabupaten Sukabumi. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (1_COVER)
1_cover.pdf

Download (308kB) | Preview
[img]
Preview
Text (2_ABASTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text (3_DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (350kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB)

Abstract

Kebutuhan masyarakat sangat banyak dan tidak terbatas jumlahnya. Salah satunya adalah kebutuhan akan tenaga listrik. Hal ini disebabkan karena hampir seluruh aktifitas masyarakat bergantung pada energi listrik. Namun, kadang-kadang terjadi pemadaman listrik sehingga terganggunya aktifitas masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya. Pihak PT. PLN (Persero) UPJ Surade selaku pelaku usaha yang menyalurkan energi listrik bertanggung jawab terhadap pemadaman yang terjadi. PT. PLN (Persero) juga harus memperhatikan pelaksanaan hak-hak konsumen ketenagalistrikan dan standar mutu pelayanannya sesuai Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan. Penelitian ini bertujuan untuk pertama; mengetahui pelaksanaan perlindungan konsumen atas pelayanan listrik di PT. PLN (Persero) UPJ Surade hubungannya dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan. Kedua, Untuk mengetahui kendala yang dihadapi oleh PT. PLN (Persero) UPJ Surade dalam memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen atas pelayanan listrik. Ketiga, Untuk mengetahui upaya yang dilakukan PT. PLN (Persero) UPJ Surade terhadap kendala yang dihadapi dalam memberikan perlindungan hukum terhadap konsumen atas pelayanan listrik. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif analisis yuridis empiris yang artinya penelitian yang mengkaji gambaran mengenai fakta-fakta yang ada (empiris) serta analisis yang akurat mengenai peraturan perundang-undangan yang berlaku dihubungkan dengan teori-teori hukum dan praktik dari pelaksanaan aturan hukum yang ada berkaitan dengan pelayanan listrik dan perlindungan konsumen. Teori yang digunakan adalah Teori Negara Hukum sebagai Grand Theory, kemudian untuk melihat hubungan antar peraturan perundang-undangan yang menjadi sumber hukum primer pada penelitian ini digunakan Teori Tentang Pelayanan sebagai Midle Theory dan untuk meneliti digunakan Teori Perlindungan Konsumen sebagai pisau analisis atau Applied Theory. Penelitian yang dilakukan penulis ini menyimpulkan bahwa pihak PLN sebagai pelaku usaha masih lalai dalam merealisasikan dan memenuhi hak-hak konsumen Pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen dan Pasal 29 Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2009 Tentang Ketenagalistrikan. Kendala yang dihadapi oleh PLN adalah kurangnya pasokan energi listrik dan mesin pembangkit serta minimnya informasi pemadaman listrik ke pelanggan dan minimnya sumber daya manusia. Upaya-Upaya yang dilakukan oleh pihak PLN selaku pelaku usaha adalah melakukan sosilaisasi atau pemberitahuan kepada masyarakat mengenai hak-hak konsumen listrik dan untuk mengatasi hambatan dalam melaksanakan hak-hak konsumen memperbaiki dan membangun mesin-mesin energi listrik agar dapat memenuhi daya listrik yang dibutuhkan masyarakat sehingga pemadaman listrik dapat dihindarkan. Kata kunci : pelayanan listrik, perlindungan konsumen, hak konsumen.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pelayanan listrik; perlindungan konsumen; hak konsumen;
Subjects: General Management > Consumer Behavior
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Alif Pasah fachrudin
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:32
Last Modified: 22 Oct 2020 04:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34426

Actions (login required)

View Item View Item