Penggunaan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan pada materi tarakib: Studi quasi eksperimen pada siswa kelas VIII B MTs Ar-Rosyidiyah Cibiru Bandung

Syarifah, Nuratifah Hafidhoh (2020) Penggunaan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan pada materi tarakib: Studi quasi eksperimen pada siswa kelas VIII B MTs Ar-Rosyidiyah Cibiru Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[img] Text (BAB I)
4_Bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (784kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_Bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya materi tarakib. Selama proses pembelajaran siswa terlihat kurang aktif , disebabkan pembelajaran tarakib cenderung pasif dan tidak komunikatif pada saat kegiatan belajar mengajar berlangsung karna metode yang digunakan oleh guru hanya ceramah dan qawaid wa tarjamah. Hal tersebut dapat mempengaruhi potensi dan kemampuan siswa. Model Pembelajaran Number Head Together menekankan pada proses belajar, dimana selama proses pembelajaran dibentuk kelompok belajar untuk membangun kerjasama siswa dalam pembelajaran sehingga secara tidak langsung dapat membangun pengetahuannya, yang telah dilandasi oleh struktur kognitif yang telah dimiliki masing-masing siswa. Sehingga kemampuan siswa terhadap materi tarakib akan lebih meningkat. Tujuan dari penelitian ini antara lain: untuk mengetahui kemampuan siswa terhadap materi tarakib dalam pembelajaran bahasa Arab sebelum menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together, kemampuan siswa terhadap materi tarakib dalam pembelajaran bahasa Arab sesudah menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together, dan peningkatan kemampuan siswa terhadap materi tarakib dalam pembelajaran bahasa Arab sebelum dan sesudah menggunakan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together pada mata pelajaran bahasa Arab pokok bahasan الفعل المضارع + أن + الفعل المضارع. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen jenis pre test post test one group desain yang dilakukan melaui tiga tahap yaitu. Kegiatan pre test, penggunaan model dalam pembelajaran tarakib dan kegiatan post test. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes (pre test dan post test) dan dokumentasi. Objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII B MTs Ar-Rosyidiyah Cibiru Bandung yang berjumlah 32 siswa. Hasil yang diperoleh dari data pre test yaitu rata- rata 31,9. Sedangkan hasil yang diperoleh dari data post test yaitu rata- rata 71,4. Adapun rata-rata dari nilai n-gain adalah 0,59 dengan kriteria peningkatan sedang. Hal tersebut membuktikan bahwa penggunaan model Cooperative Learning tipe Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas VIII B di MTs Ar-Rosyidiyah Cibiru Bandung terhadap materi tarakib dengan mencapai indikator kemampuan materi tarakib yang telah dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT); Pembelajaran Bahasa Arab; Kemampuan Siswa; Materi Tarakib.
Subjects: Arabic
Education > Research and Statistical Methods
Education, Research of Language, Related Topics of Language
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: nuratifah hafidhoh syarifah
Date Deposited: 23 Nov 2020 00:44
Last Modified: 23 Nov 2020 00:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34553

Actions (login required)

View Item View Item