Pengaruh Job Demand terhadap Turnover Intention di moderasi oleh Variabel Burnout pada karyawan PT. Skyworth Indonesia dibidang logistik

Andriani, Mitha Maulina (2020) Pengaruh Job Demand terhadap Turnover Intention di moderasi oleh Variabel Burnout pada karyawan PT. Skyworth Indonesia dibidang logistik. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (164kB) | Request a copy

Abstract

Turnover Intention adalah sebuah fenomenan yang sering terjadi didalam perusahaan. Tingginya tingkat turnover intention karyawan dapat menyebabkan ketidakpastian terhadap kondisi tenaga kerja. Salah satu yang menjadi faktir terjadinya turnover intention adalah job demand dan burnout. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1). Pengaruh Job demand terhadap Turnover Intention. 2). Pengaruh Burnout terhadap Turnover Intention dan 3). Pengaruh Job demand terhadap Turnover Intention yang dimoderasi oleh Burnout. Menurut (Bekker et al, 2005) job demand memiliki beberapa aspek yang meliputi aspek psikologi, fisik, organisasi serta sosial yang berkaitan dengan pekerjaan yang memerlukan enegri serta skill dalam menyelesaikannya. Job demand juga dapat didefinisikan sebagai segala bentuk tuntutan dalam pekerjaan dilingkungan kerja dan dapat berpotensi menjadi penyebab kelelahan dan stress kerja. Menurut (Karnoto, 2017) yang dimaksud dengan burnout adalah kondisi yang dialami oleh seorang pegawai yang ditandai dengan kelelahan, stress kerja, dan berkurangnya pencapaian pribadi. Selain itu, burnout juga dapat disebabkan oleh banyakmya pekerjaan yang harus diselesaikan oleh keryawan sehingga ia mengeluarkan energi yang lebih untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Sedangkan Turnover Intention merupakan keinginan karyawan berpindah pekerjaan atau intensitas karyawan yang keluar dari perusahaan, banyak faktor yang menjadi menyebabkan terjadinya turnover intention salah satunya adalah keinginan untuk mendapat pekerjaan yang lebih baik (Harnoto, 2002) Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. Skyworth Industry Indonesia di Bidang Logistik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang bertujuan memberikan penjelasan mengenai suatu fenomena. Jumlah sample yang digunakan berjumlah 30 responden dengan menggunakan metode sensus. Analisis yang digunakan meliputi uji validitas, uji reabilitas, serrta untuk pengujian hipotesis menggunakan uji regresi dan uji moderasi. Hasil dari uji regresi (untuk hipotesis 1) menunjukkan bahwa job demand berpengarus positif dan signifikan terhadap turnover intention. Hasil uji regresi (untuk hipotesis 2) menunjukkan bahwa burnout berpengaruh positif dan signifikan terhadap turnover intention. Hasil uji moderasi (hipotesis 3) menyatakkan bahwa burnout merupakan pemoderasi (memperkuat) pangeruh job demand terhadap turnover intention pada karyawan PT. Skyworth Industry Indonesia.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Job Demand;Turnover Intention;Burnout
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Mitha maulina Andriani
Date Deposited: 03 Nov 2020 02:07
Last Modified: 03 Nov 2020 02:07
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34566

Actions (login required)

View Item View Item