Penerapan model Challenge Based Learning (CBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Momentum dan Impuls

Endah, Yolla Noer (2020) Penerapan model Challenge Based Learning (CBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi Momentum dan Impuls. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (517kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (999kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (897kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis merupakan kemampuan dalam menggunakan nalar pada tingkat tertinggi untuk berfikir secara jelas dan rasional tentang apa yang dikerjakan atau apa yang dipercayai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan penerapan model Challenge Based Learning (CBL) pada materi momentum dan impuls dan mengetahui peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkan model Challenge Based Learning (CBL) pada materi momentum dan impuls. Metode dalam penelitian ini menggunakan pre eksperimen, dengan one group pretest-posttest design. Sampel penelitian yaitu dari kelas X MIPA 2 di SMA Negeri 1 Cililin sebanuak 36 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) atau Lembar Student Activity Sheets (SAS), dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu perhitungan lembar SAS peserta didik dengan persentase capaian keterlaksanaan model pembelajaran, N-Gain dan uji t independent sampel test. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase keterlaksanaan model pembelajaran CBL 78% dengan interpretasi efektif. Rata-rata N-Gain kelas yaitu sebesar 0,76 dengan interpetasi tinggi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Challenge Based Learning (CBL); Keterampilan Berpikir kritis; Momentum dan Impuls.
Subjects: Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Yolla Noer Endah
Date Deposited: 13 Nov 2020 05:38
Last Modified: 13 Nov 2020 05:38
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34947

Actions (login required)

View Item View Item