Hubungan antara kemandirian anak usia dini dengan hasil belajar anak pada aspek sosial : Penelitian di kelompok A RA At-Taqwa Kabupaten Purwakarta

Zahara, Intan (2019) Hubungan antara kemandirian anak usia dini dengan hasil belajar anak pada aspek sosial : Penelitian di kelompok A RA At-Taqwa Kabupaten Purwakarta. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (245kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (487kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (321kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan sikap anak di kelas A RA At-Taqwa. Perilaku yang ditunjukkan anak sangat beragam, mulai dari anak sudah mampu memakai baju sendiri, makan sendiri, membereskan mainannya sendiri, anak masih sulit berkomunikasi dengan guru dan teman-temannya, anak tidak berani maju ke depan kelas, dan anak tidak mau berbagi. Penelitian ini dilaksanakan di RA At-Taqwa Kabupaten Purwakarta pada anak kelas A yang berjumlah 15 orang anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) kemandirian anak kelompok A RA At-Taqwa Kabupaten Purwakarta; 2) hasil belajar pada aspek sosial anak kelompok A RA At-Taqwa Kabupaten Purwakarta; dan 3) hubungan antara kemandirian anak dengan hasil belajar pada aspek sosial kelompok A RA At-Taqwa Kabupaten Purwakarta. Pada masa usia dini seluruh potensi dan aspek perkembangan yang dimiliki anak dapat dikembangkan secara optimal, dan salah satu aspek perkembangannya yaitu perkembangan sosial, khususnya dalam hal kemandirian anak. Kemandirian merupakan suatu pembiasaan perilaku yang dapat dari pembiasaan dan kemampuan anak dalam kemampuan fisik, percaya diri, bertanggung jawab, pandai bergaul, dan mau berbagi. Melatih kemandirian anak sejak dini akan membantu hasil belajar pada aspek sosial. Penelitian ini merupakan menggunakan metode kuantitatif korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi di Kelompok A RA At-Taqwa Kabupaten Purwakarta yang berjumlah 15 orang Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh karena semua populasi dijadikan sebagai responden. Teknik pengumpulan datanya melalui observasi dan dokumentasi. Hasil perhitungan pada variabel X (Kemandirian Anak) diperoleh nilai 88. Nilai tersebut berada pada skala 80-100 dengan interpretasi sangat baik. Sedangkan hasil variabel Y (Hasil Belajar pada Aspek Sosial) diperoleh nilai rata-rata sebesar 87. Nilai tersebut berada pada skala 80-100 dengan interpretasi sangat baik. Hubungan kemandirian anak usia dini dengan hasil belajar pada aspek sosial di kelompok A RA At-Taqwa Kabupaten Purwakarta, diperoleh angka koefisien korelasi 0,67. Angka koefisien korelasi ini termasuk kategori kuat karena berada pada skala 0,600 – 0,799. Hasil uji signifikansi diperoleh harga t hitung = 3,985 lebih besar dari harga t tabel = 2,160. Artinya Ho ditolak dan Ha diterima, dengan kata lain terhadap hubungan positif yang signifikan antara kemandirian anak usia dini dengan hasil belajar anak pada aspek sosial di Kelompok A RA At-Taqwa Kabupaten Purwakarta. Adapun besar kontribusi atau pengaruh kemandirian anak dengan hasil belajar pada aspek sosial yaitu sebanyak 33%. Dengan demikian masih ada sekitar 67% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kemandirian; Anak Usia Dini; Hasil Belajar Anak pada Aspek Sosial; At-Taqwa; Kabupaten Bandung
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: intan zahara
Date Deposited: 25 Nov 2020 08:25
Last Modified: 25 Nov 2020 08:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35245

Actions (login required)

View Item View Item