Penerapan metode Numbered Heads Together untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan cerita anak : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI Darul Ma’arif Bandung

Nurjanah, Ela (2015) Penerapan metode Numbered Heads Together untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan cerita anak : Penelitian tindakan kelas pada siswa kelas V MI Darul Ma’arif Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTARISI.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_BAB 1.pdf

Download (688kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini berawal dari kenyataan di lapangan bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia MI Darul Ma’arif Bandung masih rendah. Kebanyakan guru dalam menyampaikan materi bahasa Indonesia masih sering menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada guru sebagai sumber informasi dan guru lebih aktif dari pada siswa, sehingga siswa cenderung pasif dalam proses pembelajaran dan siswa merasa jenuh mengikuti pembeljaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran proses dan peningkatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan cerita anak MI Darul Ma’arif kelas V dengan menggunakan metode Numbered Heads Together pada setiap siklus. Dalam penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa aktivitas belajar siswa dipengaruhi oleh proses pembelajaran dengan menggunakan metode yang tepat, salah satunya dengan menggunakan metode Numbered Heads Together. Sehingga hipotesis dari penerapan metode Numbered Heads Together diduga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Metode penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dengan tahapan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Dengan instrumen silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, lembar observasi siswa dan guru, dan lembar evaluasi. Analisis data dari penelitian ini dengan menggunakan statistik sederhana. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil observasi aktivitas siswa dan guru selalu meningkat pada tiap pertemuannya. Hal ini terlihat dari rata-rata aktivitas guru yakni siklus I 79,4, siklus II 86,46. Sedangkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran berdasarkan hasil dari observer juga selalu mengalami peningkatan yakni siklus I 74,99, siklus II 87,49. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan metode Numbered Heads Together dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Numbered Heads Together; Aktivitas belajar siswa;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ela Nurjanah
Date Deposited: 22 Dec 2020 01:28
Last Modified: 22 Dec 2020 01:28
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/35830

Actions (login required)

View Item View Item