Asmanah, Asmanah (2019) Motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran cooperative learning tipe make a match hubungannya dengan prestasi kognitif: Penelitian pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 01 Cileunyi mata pelajaran PAI sub materi shalat sunnah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (72kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (129kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (53kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (199kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (117kB) | Request a copy |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan, fakta yang terjadi di sekolah bahwa motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan model cooperative learning tipe make a match dengan prestasi kognitif siswa masih rendah. Sebagai bukti masih banyak siswa mengikuti hasil test yang telah dilakukan setelah pembelajaran masih ada nilainya rendah di bawah KKM dikelas VIII. Tujuan dari penelitian yaitu: 1) Motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan model cooperative learning tipe make a match mata pelajaran PAI sub materi shalat sunnah pada siswa VIII. 2) Prestasi kognitif siswa mata pelajaran PAI sub materi shalat sunnah pada kelas VIII. 3) Hubungan motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan model cooperative learning tipe make a match dengan prestasi kognitif pada kelas VIII di SMP Negeri 01 Cileunyi mata pelajaran PAI Sub Materi Shalat Sunnah. Secara teoritis bahwa faktor yang mempengaruhi prestasi kognitif salah satunya adalah motivasi siswa dalam belajar. Teori tersebut penulis akan meneliti motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan model cooperative learning tipe make a match bahwa ada hubungannya dengan prestasi kognitif pada kelas VIII di SMP Negeri 01 Cileunyi mata pelajaran PAI Sub Materi Shalat Sunnah. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif, 2) sumber penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 01 Cileunyi dengan populasi 413 dan sampel 62 siswa. 3) Tempat dan waktu penelitian di SMP Negeri 01 Cileunyi dari tanggal 16 April s/d 14 Novemeber 2019, 4) Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui angket, tes, wawancara, observasi, studi kepustakaan dan 5) Teknik analisis data penelitian dengan parsial dan korelasi. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh kesimpulan 1) Motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran dengan model cooperative learning tipe make a match mata pelajaran PAI sub materi shalat sunnah termasuk kategori positif dengan rata-rata 3,86 berada pada interval 3,40–4,19. 2) Prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI sub materi shalat sunnah dengan rata-rata 78,14 dengan skala 70–79= tinggi, 3) hubungan motivasi siswa mengikuti pembelajaran dengan model cooperative learning tipe make a match dengan prestasi kognitif pada mata pelajaran PAI sub materi shalat sunnah angka koefisien korelasi sebesar 0,20 pada skala 0,00–0,20 = korelasi sangat rendah. Hasil hipotesis diperoleh t_hitung> t_tabel atau 1,57 > 0,67, maka dapat diinterpretasikan Ho ditolak dan Ha diterima, Artinya ada hubungan antara variabel X dan Y pada Sub Materi Shalat Sunnah. Derajat berpengaruh variabel X terhadap Y sebesar 4 %, artinya masih banyak faktor lain yang mempengaruhi prestasi kognitif sub materi shalat sunnah yakni sebesar 96 %.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi siswa; cooperative learning tipe make a match; prestasi kognitif; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asmanah Asmanah |
Date Deposited: | 29 Dec 2020 04:37 |
Last Modified: | 29 Dec 2020 04:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/35987 |
Actions (login required)
View Item |