Pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) pada program The Gade Clean and Gold sebagai upaya mengurangi sampah di Kota Bandung: Studi kasus pada PT Pegadaian (Persero) Kantor Pusat Wilayah X Bandung

Pertiwi, Nilam Yuni (2020) Pengelolaan Corporate Social Responsibility (CSR) pada program The Gade Clean and Gold sebagai upaya mengurangi sampah di Kota Bandung: Studi kasus pada PT Pegadaian (Persero) Kantor Pusat Wilayah X Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (306kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy

Abstract

Program The Gade Clean and Gold “Memilah sampah menabung emas” pertama di Indonesia, memiliki peran yang sesuai dengan PT Pegadaian yaitu melaksanakan kegiatan pengembangan masyarakat dengan menerapkan prinsip Triple Bottom Line, pendekatan ini mengutamakan pada keseimbangan dan keselarasan pada aspek ekonomi, lingkungan dan sosial untuk membangun keberlanjutan. Melalui Program The Gade Clean and Gold, PT Pegadaian berupaya untuk mengurangi kemiskinan dan ketidakadilan sosial, memperbaiki keadaan lingkungan hidup dan berupaya untuk membantu pemerintah dalam melakukan pengelolaan sampah khususnya di Kota Bandung. Tujuan dari penelitian melalui Program CSR The Gade Clean and Gold berupaya untuk menyedot masyarakat di Kota Bandung untuk menyelamatkan lingkungan dari polusi terutama sampah plastik, lebih jauh lagi adalah program global yaitu save the earth. Penelitian ini menggunakan konsep POAC George R. Tarry yang merupakan teori fungsi manajemen, akan membentuk dan menjelaskan bagaimana proses pengelolaan dari awal perencana program hingga akhir proses berlangsungnya program sebagai upaya mengurangi sampah di Kota Bandung. Paradigma yang digunakan adalah kontruktivisme dan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode penelitian studi kasus, karena penulis ingin mengetahui bagaimana proses pengelolaan CSR The Gade Clean and Gold. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi partisipatori pasif, menggunakan metode ini karena untuk melihat dan mengamati secara langsung keadaan di lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, 1) Tahap Perencanaan (Planning) terdiri dari menganalisis situasi di masyarakat, bentuk kepedulian perusahaan yang disinergikan dengan Program Pemerintah, dan mengedukasi masyarakat agar aware terhadap lingkungan, 2) Tahap Pengorganisasian (organizing) terdiri dari membentuk tim pengelola bank sampah, mengkoordinir di ranah internal dan eksternal, dan pengelolaan anggaran untuk sarana prasarana, 3) Tahap Penggerakan (actuating) terdiri dari melakukan briefing sebelum melaksanakan kegiatan, melakukan pembinaan terhadap cabang pembina bank sampah, dan pemberian dana untuk sarana prasarana bank sampah, 4) Tahap Pengontrolan (controlling) yang terdiri dari survei lapangan ke lokasi bank sampah, rapat evaluasi bank sampah yang dilakukan satu bulan sekali, dan yang terakhir mencatat pembukuan tabungan emas. Kesimpulannya adalah PT Pegadaian (Persero) melakukan CSR pada Program The Gade Clean and Gold sebagai wujud nyata Badan Usaha Milik Negara (BUMN) “Hadir untuk Negeri”.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan; Corporate Social Responsibility (CSR); Bank Sampah
Subjects: General Management
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nilam Yuni Pertiwi
Date Deposited: 29 Jan 2021 06:25
Last Modified: 29 Jan 2021 06:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/36687

Actions (login required)

View Item View Item