Pengaruh persepsi dan preferensi mahasiswa SAINTEK UIN Bandung terhadap keputusan menjadi nasabah di Bank Syariah

Lidzikrirrofiqi, Muhammad Rifqi (2021) Pengaruh persepsi dan preferensi mahasiswa SAINTEK UIN Bandung terhadap keputusan menjadi nasabah di Bank Syariah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (373kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
7_bab4 (1).pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy

Abstract

Bank Syariah adalah lembaga keuangan syariah yang segala oprasional serta produknya berlandaskan pada syariah Islam atau Al- Qur’an dan As- Sunnah, Khususnya yang berkaitan dengan riba (bunga), maisir (spekulasi), dan gharar (ketidakjelasan). Proses mengetahui informasi tentang perbankan syariah yang di lakukan oleh mahasiswa akan berdampak pada prilaku mahasiswa tersebut. Sehingga seseorang yang memiliki persepsi dan preferensi tentang perbankan syariah maka akan semakin besar kemungkinannya untuk menjadi nasabah di bank syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara persepsi dan preferensi mahasiswa SAINTEK UIN Bandung terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah. Persepsi yaitu suatu prosedur yang diawali oleh proses pengindraan, yakni merupakan proses diperolehnya dorongan oleh individu melalui alat indera, Sedangkan Preferensi merupakan sikap seseorang yang mempunyai keinginan yang tinggi terhadap sesuatu atau suatu rasa kemauan yang kuat untuk melakukan suatu hal untuk mencapai tujuan tertentu, Mekanisme keputusan konsumen dalam mengonsumsi suatu produk dan jasa akan di pengaruhi oleh tiga komponen yang unggul ialah strategi pemasaran, perbedaan individu, dan faktor lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif dengan spesifikasi Field Research,. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari website resmi Fak. SAINTEK UIN SGD dan data premier berupa kuesioner. Teknik pengumpulan data yaitu kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif analisis regresi (sederhana dan berganda), analisis determinasi dan analisis uji hipotesis (ujit t dan uji F). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows version 25 dan microsoft excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahwa (1) Persepsi Berdasarkan uji t uji t kiri, menunjukan bahwa variabel persepsi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah dapat dilihat dari nilai t hitung > t tabel yaitu thitung > ttabel 6,212 > 1,66123 dengan nilai sig 0,05<0,00, dari uji koefisien determinasi R Square didapatkan hasil sebesar 29.1%. (2) Preferensi berdasarkan uji t kanan menunjukan bahwa variabel Preferensi mahasiswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah dapat dilihat dari nilai t hitung > t tabel yaitu 7,720 > 1,66123 dengan nilai sig 0,05<0,00 dan dari uji koefisien dterminasi R Square didapatkan hasil sebesar 38.8%. (3) Persepsi dan preferensi mahasiswa SAINTEK berdasarkan uji F menunjukan bahwa variabel persepsi dan preferensi berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah di bank syariah dilihat dari nilai Fhitung>Ftabel yaitu 38,128>3,09 dengan nilai sig 0.000 dan dari uji koefisien determinasi R Square didapatkan hasil sebesar 45,1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Persepsi;Preferensi;Perbankan Syariah;Keputusan Menjadi Nasabah
Subjects: Accounting > Data Processing and Analysis of Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Hukum Bisnis Syariah dan Perbankan Syariah
Depositing User: Muhammad Rifqi Lidzikri
Date Deposited: 15 Feb 2021 03:51
Last Modified: 16 Feb 2021 03:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/37006

Actions (login required)

View Item View Item