Rasyid, A. Mujahid (2020) Implementasi pembelajaran PAI dan dampaknya terhadap sikap spiritual dan sosial peserta didik sekolah menengah pertama : Penelitian di SMP PGII 1 dan 2 Kota Bandung. Doktoral thesis, UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAKS.pdf Download (605kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (470kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (143kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan, ketakwaan, serta ahlak mulia melalui pemberian pengetahuan, penghayatan, pengalaman, dan pengamalan ajaran Islam sehingga menjadi muslim yang terus berkembang dalam kehidupan pribadi, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Dalam mencapai tujuan tersebut dibutuhkan proses pembelajaran yang efektif dan efesien. Pencapaian tujuan tersebut salah satunya melaui implementasi pembelajaran PAI yang membutuhkan proses secara konsisten. SMP PGII 1 dan 2 Kota Bandung merupakan lembaga pendidikan yang dalam proses pembelajarannya menanamkan sikap spiritual dan sosial untuk memperkuat aqidah pada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi pembelajaran PAI dan dampaknya dalam membina sikap spiritual dan sosial peserta didik, secara kualitatif maupun kuantitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Mixed Methods Research yakni penelitian yang mengkombinasikan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif, dengan model concurrent embedded (kombinasi campuran tidak berimbang). Desain ini mengkombinasikan penggunaan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif secara simultan, tetapi presentase metodenya berbeda. Pada model ini, ada metode primer (untuk memperoleh data utama) dan skunder (untuk mendukung data yang diperoleh dari metode primer). Responden penelitian adalah peserta didik SMP PGII 1 dan 2 sebanyak 142 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Program pembelajarn PAI untuk membina peserta didik di SMP PGII 1 dan 2 Kota Bandung mencakup; kegiatan tahunan, semesteran, bulanan, mingguan, harian, dan pembiasaan. (2) Proses pembelajaran dilaksanakan melalui kegiatan intrakurikuler dan ekstrakurikuler, (3) Evaluasi pembelajaran dilakukan berdasarkan standar Kemendikbud, yaitu; a) penilaian autentik, b) penilaian acuan kriteria, dan c) pelaporan hasil pembelajaran. (4) Implementasi pembelajaran SMP PGII 1 lebih baik dibandingkan dengan SMP PGII 2 berdasarkan rataan skor atau nilai yang diperoleh peserta didik. (5) Dampak implementasi pembelajaran menunjukkan semakin meningkatnya semangat peserta didik dalam melaksanaan ibadah wajib maupun sunnah, membaiknya akhlak pada saat di kelas, dilingkungan sekolah dan di masyarakat. (6) Faktor pendukung; pendidik yang berlatarbelakang PAI, sikap peserta didik yang antusias dalam belajar, format penilaian sudah tersedia untuk melakukan evaluasi, sekolah mengadakan pelatihan tentang penilaian sikap spiritual dan sosial. Faktor pengahambat; waktu yang tersedia dalam pembelajaran PAI sangat terbatas, belum ada laboratorium dan instrument evaluasi terlalu banyak.
Item Type: | Thesis (Doktoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran; Sikap Spiritual; sikap Sosial; Peserta Didik ;SekolahMenengah Pertama ; |
Subjects: | Education |
Divisions: | Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam |
Depositing User: | Haris Maiza Putra |
Date Deposited: | 22 Feb 2021 02:24 |
Last Modified: | 22 Feb 2021 02:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/37203 |
Actions (login required)
View Item |