Penerapan strategi pembelajaran Quiz Team untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas V di MI Terpadu Ar-Rifqi

Rahmania, Risa (2019) Penerapan strategi pembelajaran Quiz Team untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam: Penelitian tindakan kelas terhadap siswa kelas V di MI Terpadu Ar-Rifqi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (179kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di MI Terpadu Ar-Rifqi , peneliti mendapatkan informasi bahwa motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran SKI masih rendah. Kurangnya motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran dikarenakan penerapan strategi pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa kurang tertarik untuk mengikuti proses pembelajaran. Masalah yang muncul adalah beberapa sikap siswa yangsering mengobrol, idak fokus ketika guru sedang menjelaskan, lari-lari dan sering keluar masuk kelas. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui kondisi motivasi belajar siswa sebeum menerapkan strategi pembelajaran quiz team, 2) untuk mengetahui proses pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran quiz team, 3)untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah menggunakan strategi pembelajaran quiz teampada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islamsiswa kelas V MI Terpadu Ar-Rifqi Kabupaten Bandung. Cara untuk mengatasi permasalahan tersebut, dibutuhkan proses pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, salah satunya dengan menerapkan strategi pembelajaran quiz team. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas(PTK).Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan empat pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data pada siklus I aktivitas guru memperleh presentase sebesar 78,12% sedangkan pada siklus II sebesar 100%. Aktivitas siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 67,5% sedangkan aktivitas siswa ada siklus II sebesar 91.5% hasil ini menunjukan keterlaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran quiz teamsudah memasuki kriteria “sangat baik”, dan motivasi belajar siswa berdasarkan hasil angket pra siklus adalah 63% dengan kategori sangat rendah , hasil angket siklus I adalah 79% dengan kategori rendah dan hasil angket siklus II adalah 94% dengan kategori sangat tinggi, dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran quiz team dapat meningkatkan motivasi belajar siswa tada mata pelajaran sejarah kebudayaan islammaterikisahteladan Abu Bakaras-Siddiqterhadapsiswa kelasVMI Terpadu Ar-Rifqi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran; Quiz Team; Motivasi;
Subjects: Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Risa Rahmania
Date Deposited: 22 Mar 2021 01:23
Last Modified: 22 Mar 2021 01:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38031

Actions (login required)

View Item View Item