Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran cooperative tipe Student Team Achievement Division (STAD) hubungannya dengan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada kelas XI IPA 1 SMAN 1 Cikancung Kabupaten Bandung

Rahmadianti, Rahmi (2020) Tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran cooperative tipe Student Team Achievement Division (STAD) hubungannya dengan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI : Penelitian pada kelas XI IPA 1 SMAN 1 Cikancung Kabupaten Bandung. Diploma thesis, UIN SUNANA GUNUNG DJATI BANDUNG.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (451kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahaluan di SMAN 1 Cikancung kabupaten Bandung, diperoleh informasi bahwa tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Student Team Achievement Division (STAD) hubungannya dengan motivasi belajar pada mata pelajaran PAI cukup bagus, namun disisi lain masih terdapat atau masih rendah motivasi belajar. Dengan demikian adanya kesenjangan antara tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan motivasi belajar mereka di sekolah. Hal ini menarik untuk di teliti. Tujuan penelitian ini untuk: 1) untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran cooperative tipe Student Teams Achievement Division (STAD) 2).Untuk mengetahui motivasi belajar pada mata pelajaran PAI 3). Untuk mengetahui hubungan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran cooperative tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Motivasi belajar dapat diartikan sebagai keseluruhan daya penggerak atau pendorong yang ada di dalam diri siswa yang dapat menimbulkan kegiatan proses belajar mengajar untuk mencapai suatu tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan gagasan utama dari model Student Teams Achievement Division (STAD) adalah untuk memotivasi siswa supaya dapat saling mendukung dan membantu satu sama lain dalam menguasai kemampuan yang diajarkan guru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui angket, wawancara observasi dan studi dokumentasi. Kemudian analisis datanya dibagi kedalam dua pendekatan, yaitu analisis deskriptif dan analisis korelasi. Dari hasil analisis data diperoleh; kenyataan bahwa 1) tanggapan siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Cikancung terhadap penggunaan penerapan model pembelajaran cooperative tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pada mata pelajaran PAI dengan niali 3,3 termasuk kategori cukup dan berada pada interval 2,5 -3,5. 2) Motivasi belajar siswa kelas XI IPA 1 SMAN 1 Cikancungpada mata pelajaran PAI dengan nilai 3,3 termasuk kategori cukup dan berada pada interval 2,5 - 3,5. 3) Adapun hubungan antara variabel X dan variabel Y diperoleh angka sebesar 0,71 dengan kualifikasi cukup karena berada di antara 0,60 – 0,80. Hasil penelitian sesuai dengan hipotesis yang diajukan adalah terdapat korelasi yang signifikan antara tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran cooperative tipe Student Teams Achievement Division (STAD) hubungannya dengan motivasi belajar pada mata pelajaran PAIsebesar 30% dan 70% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: cooperative tipe Student Team Achievement; model pembelajaran; motivasi belajar
Subjects: Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Rahmi Rahmadianti
Date Deposited: 24 Mar 2021 07:53
Last Modified: 24 Mar 2021 07:53
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38176

Actions (login required)

View Item View Item