Perlindungan hukum konsumen terhadap perjanjian asuransi melalui kegiatan telemarketing menurut Pasal 5 ayat (4) Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik: di PT. Chubb Life Insurance Indonesia

Puspawati, Ida (2020) Perlindungan hukum konsumen terhadap perjanjian asuransi melalui kegiatan telemarketing menurut Pasal 5 ayat (4) Undang-undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik: di PT. Chubb Life Insurance Indonesia. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (293kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB) | Request a copy

Abstract

Pada hakekatnya perlindungan hukum merupakan salah satu upaya agar tujuan hukum dapat tercapai. Tujuan hukum yang dimaksud yaitu terpeliharanya keamanan dan ketertiban sehingga dapat menjamin adanya kepastian hukum. Namun dalam beberapa hal masih banyak kesewenang-wenangan dari pihak tertentu. Seperti banyaknya keluhan dari konsumen yang kartu kreditnya terdebet oleh pihak PT Chubb Life Insurance melalui metode telemarketing yang sangat tidak adil bagi nasabah dikarenakan nasabah tersebut tidak merasa melakukan perjanjian asuransi dengan pihak tersebut. Mengacu pada Pasal 1320 KUHPerdata suatu perjanjian dapat dikatakan sah apabila adanya kesepakatan diantara kedua belah pihak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji proses dan alur penjualan melalui kegiatan telemarketing di PT Chubb Life Indonesia, dan bagaimana perlindungan hokum terhadap konsumen serta upaya penyelesaian sengketa di PT Chubb Life. Penelitian ini mengacu kepada teori perlindungan hukum menurut Soetjipto Rahadjo. Dalam upaya melindungi kepentingan seseorang dengan cara mengalokasikan suatu kekuasaan kepadanya untuk bertindak dalam kepentingan tersebut dan untuk menjamin adanya kepastian hukum. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analistis yaitu meneliti dengan tujuan memberi gambaran sistematis, objektif dan akurat deskriptif analistis yaitu meneliti dengan tujuan memberi gambaran sistematis, objektif dan akurat terkait perlindungan hukum terhadap konsumen perjanjian telemarketing menurut Pasal 5 Ayat (4) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik tersebut untuk kemudian dianalisis. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan yuridis normatif, dengan mengumpulkan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan berupa observasi juga wawancara dan analisis data.Hasil Penelitian menunjukan bahwa, pihak konsumen/nasabah melakukan protes ke pihak telemarketing di PT. Chubb Life, nasabah melibatkan pihak bank untuk melakukan pengecekan, dan tiruskan ke pihak telemarketing di pt. chubb life untuk proses pengembalian kerugian yang dialami oleh konsumen. kendala yang dihadapi oleh konsumen dalam proses pengembalian kerugian yang dialami antara lain: kendala internal dari pihak telemarketing, minimnya pengetahuan dari konsumen, dan kendala eksternal antara lain: kurangnya pengetahuan dan kesadaran dari konsumen yang dirugikan untuk menggugat pelaku uasaha melalui peradilan umum tetap juga konsumen ingin penyelesaian sengketa dengan pelaku usaha melalui di luar pengadilan, untuk mengatasi kendala tersebut, konsumen harus berupaya lebih teliti dan memliki keinginan besar untuk mencari tahu mengenai peraturan perundang-undangan yang mengatur tentang perjanjian khususnya yang mengatur perjanjian melalui telepon (telemarketing) tanpa adanya penandatangan poli.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: perlindungan hukum konsumen; asuransi; telemarketing; UU ITE
Subjects: New Testament
Private Law
Insurance
General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Ilmu Hukum
Depositing User: Ida Puspawati
Date Deposited: 09 Apr 2021 09:16
Last Modified: 10 Apr 2021 01:06
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38482

Actions (login required)

View Item View Item