Pengelolaan Current Image dalam rangka menarik minat pengunjung perpustakaan konvensional di era digital : Studi analisis deskriptif Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat

Alam, Sabda Nur (2020) Pengelolaan Current Image dalam rangka menarik minat pengunjung perpustakaan konvensional di era digital : Studi analisis deskriptif Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (776kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (330kB) | Request a copy

Abstract

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat memiliki sejumlah program untuk meningkatkan minat baca masyarakat yang saat ini masih tergolong kecil untuk membaca. Program-program yang diunggulkan saat ini merupakan program yang berbasis digital dan program perpustakaan yang menyediakan di sudut kota dan kabupaten agar memudahkan masyarakat. Namun, adanya program tersebut masyarakat masih ada yang datang berkunjung secara langsung dan bahkan grafik kunjungan ke Dispusipda dari tahu 2016 sampai saat ini terus mengalami peningkatan. Tujuan penelitian ini, 1) untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan Dispusipda untuk menggiring opini publik yang baik di masyarakat untuk menciptakan current image yang baik. 2) untuk mengetahui pelayanan secara offline yang dilakukan Dispusipda dalam menarik minat pengunjung. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan konsep pembentukan citra dari Frank Jefkins yang lebih memfokuskan pada jenis citra yaitu current image. Dalam pembentukan citra memiliki empat komponen yaitu kognisi, persepsi, sikap,dan motivasi. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme dan pendekatan interpretif dengan metode penelitian Analisis Deskriptif Kualitatif, analisis deskiptif kualitatif dipilih oleh peneliti dengan tujuan untuk eksplorasi secara mendalam terhadap pengelolaan citra yang berlaku (current image) oleh Dispusipda Jawa Barat secara maksimal. Teknik pengumpulan data yang yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pengelolaan current image Dispusipda Jawa Barat dilakukan dengan dua cara, yang pertama adalah melakukan upaya-upaya dalam bentuk melakukan kegiatan seperti perlombaan, duta baca,festival, kegiatan rumag belajar. kemudian melakukan hubungan eksternal dengan cara Kerjasama dan mengadakan pelatihan. Membangun kepercayaan, serta melakukan promosi. Kedua, melakukan pelayanan berupa pelayanan produk dan pelayanan jasa. Pelayanan produk dalam hal ini adalah sarana prasarana, koleksi buku, fasilitas ruangan, jadwal layanan perpustakaan. Pelayanan jasa berupa pelayanan yang diberikan oleh karyawan kepada pemustaka, pemberian desain interior yang menarik, dan tata letak yang sesuai agar pemustaka merasa nyaman untuk berada di perpustakaan. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa Dispusipda Provinsi Jawa Barat telah melakukan pengelolaan Current image (citra yang berlaku) dengan du acara yaitu, 1) melakukan upaya-upaya untuk menggiring opini publik yang baik yang meningkatkan minat berkunjung masyarakat, 2) melakukan pelayanan untuk menarik minat pengunjung secara langsung di era 4.0.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Current Image; Citra; Management
Subjects: Relationship of Libraries > Relationship with the Community
Operations, Archieves, Information Centers > Digital Library
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Sabda Nur Alam
Date Deposited: 05 Apr 2021 02:23
Last Modified: 05 Apr 2021 02:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38526

Actions (login required)

View Item View Item