Penerapan Metode Kauny Quantum Memory untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Quran Hadits: Penelitian tindakah kelas pada siswa kelas VB di MI Sirojul Falah

Sarah, Naelussa'adah (2018) Penerapan Metode Kauny Quantum Memory untuk meningkatkan kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Quran Hadits: Penelitian tindakah kelas pada siswa kelas VB di MI Sirojul Falah. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (453kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (827kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang terdapat pada pembelajaran Quran Hadits di kelas VB MI Sirojul Falah Gunung Putri Kabupaten Bogor, bahwa kemampuan menghafal siswa pada materi surat pendek masih sangat rendah dan belum mencapai nilai KKM. Hal initerjadi karena metode menghafal yang guru terapkan membuat siswa jenuh dan merasa sulit menghafal dan merasa hafalan yang diberikan menjadi beban bagi siswa sehingga kemampuan menghafal surat pendek siswa rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) kemampuan menghafal siswa pada mata pelajaran Quran Hadits materi surat pendek sebelum menerapkan metode Metode Kauny Quantum Memory; 2) Penerapan Metode Kauny Quantum Memory dalam proses pembelajaran Quran Hadits; 3) kemampuan Menghafal siswa pada Mata Pelajaran Quran Hadits. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bawah kemampuan menghafal siswa ditentukan oleh banyak faktor. salah satunya penerapan metode yang tepat yaitu Metode KQM. Berdasarkan asumsi tersebut maka hipotesis yang diajukan adalah penerapan Metode KQM diduga dapat meningkatkan kemampuan menghafal siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakann Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklusnya meliputi perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VB MI Sirojul Falah yang berjumlah 37 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, observasi, studi dokumen dan wawancara. Analisis datanya dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskritif untuk data kualitatif dan menggunakan pendekatan statitiska untuk data kuantitatif. Berdasalkan hasil analisis data yang diperoleh bahwa 1) kemampuan menghafal siswa sebelum menggunakan Metode KQM masih rendah dengan nilai rata-rata 55 dan persentase ketuntasan 24%. 2) Penerapan Metode KQM berjalan baik sesuai dengan tahapan. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan disetiap siklusnya. Pada siklus pertama rata-rata aktivitas guru 73% dan siklus kedua 85% untuk rata-rata aktivitas siswa pada siklus pertama 70% dan pada siklus kedua 81%. Kemampuan menghafal siswa setelah menggunakan metoe Kauny Quantum Memory mengalami peningkatan. Rata-rata Pada siklus pertama 72 dan pada siklus kedua 87.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kauny Quantum Memory; Quran Hadits; Menghafal
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu-ilmu Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Ilmu Qiraat dan Tajwid
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Sarah Naelussa'adah
Date Deposited: 07 Apr 2021 01:02
Last Modified: 07 Apr 2021 01:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/38576

Actions (login required)

View Item View Item