Muhsinin, Nurul (2021) Peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dan self confidence siswa dengan menggunakan model pembelajaran Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (439kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (27kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (150kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis serta self confidence siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan yang bertepatan dengan PPL di salah satu sekolah swasta di kabupaten Serang. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebur yaitu untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa adalah dengan menerapkan model pembelajran POGIL. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan dan perbedaan pencapaian kemampuan pemahaman konsep matematis siswa antara yang menggunakan model pembelajaran POGIL dengan siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini mengguakan metode quasi eksperimen. Sampel penelitian ini terdiri dua kelas dan data yang diperoleh menggunakan instrumen tes berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis dan instrumen non tes berupa lembar self confidence. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh (a) Gambaran proses pembelajaran Matematika yang menerapkan model pembelajaran POGIL telah berjalan sesuai dengan indikator yang tertera di dalam lembar observasi dengan terdapat sedikit kekurangan dari beberapa aspek. Secara keseluruhan pada pembelajaran POGIL, baik keterlaksanaan aktivitas guru maupun aktivitas siswa memiliki kategori baik. (b) Peningkatan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran POGIL lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. (c) Pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa yang menerapkan model pembelajaran POGIL lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional. (d) Peningkatan self confidence siswa yang menggunakan model pembelajaran POGIL lebih baik dari siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional. pembelajaran model POGIL mampu membantu siswa agar bisa lebih menemukan secara mandiri pengetahuannya dan tidak susah diterapkan dalam seluruh jenjang pendidikan. Selain itu pembelajaran model POGIL juga bisa membantu siswa dalam meningkatkan keterampilan, bertanya dan saling mengomunikasikan pengetahuan, juga mampu menerima materi pelajaran dalam cakupan yang luas.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | POGIL; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Self Confidence |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods Mathematics Mathematics > Mathematicians |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nurul Muhsinin |
Date Deposited: | 06 Sep 2021 02:11 |
Last Modified: | 06 Sep 2021 02:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/42709 |
Actions (login required)
View Item |