layanan bimbingan spiritual dalam meningkatkan ketenangan jiwa pada anak usia remaja : Penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Qolam Desa Mekarbakti Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang

Solihah, Nisa Sopiawati (2021) layanan bimbingan spiritual dalam meningkatkan ketenangan jiwa pada anak usia remaja : Penelitian di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Qolam Desa Mekarbakti Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (892kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (982kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpusaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja merupakan masa yang penuh dengan gejolak jiwa, tidak sedikit masa remaja yang mengalami permasalahan dan kesukaran dalam jiwanya, seperti rasa gelisah, rasa cemas, sering marah-marah dan mudah terbawa perasaan. Selain itu permasalahan yang sering dialami remaja adalah permasalah yang bertentangan dengan jasmani, keluarga, pelajaran atau sekolah, dan permasalahan sosial. Beragam kesukaran dan permasalahan tersebut sering berakibat buruk pada kesehatan mental individu yang akan berujung pada adanya gangguan mental atau kejiwaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana kondisi awal ketenangan jiwa pada anak usia remaja di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Qolam Desa Mekarbakti Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang, Program layanan bimbingan spiritual dalam meningkatkan ketenangan jiwa pada anak usia remaja dan bagaimana hasil dari layanan bimbingan spiritual dalam meningkatkan ketenangan jiwa pada anak usia remaja di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah A-Qolam Desa Mekarbakti Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dengan menghimpun data melalui observasi, wawancara serta dokumentasi untuk menjawab rumusan masalah dan tujuan penelitian ini. Responden dalam penelitian ini adalah kepada Guru Madrasah, Walikelas dan sebelas orang remaja jenjang SMP di Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah Al-Qolam Desa Mekarbakti Kecamatan Pamulihan Kabupaten Sumedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan bimbingan spiritual melalui pendekatan keagamaan yaitu dzikir dianggap sangat signifikan dan efektif dalam meningkatkan ketenangan jiwa pada anak usia remaja. Terlihat dari pengetahuan agama anak remaja, praktek ibadah yang sering dilakukannya serta terdapat keyakinan yang ada pada diri anak remaja, bahwa dengan berserah diri kepada Allah dan mendekatiNya baik dengan dzikir perbuatan ataupun dzikir lisan akan menjadikan jiwa r yang sabar dan optimis dalam menghadapi permasalahan yang dialami.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Layanan Bimbingan Spiritual; Ketenangan Jiwa; Remaja;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Nisa Sopiawati Solihah
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:04
Last Modified: 14 Sep 2021 04:04
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/43221

Actions (login required)

View Item View Item