Rengganis, Tiara (2021) Pengelolaan website Humas Kota Bandung sebagai media penyebarluasan informasi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (341kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_ BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_ BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) | Request a copy |
Abstract
Kemajuan teknologi semakin berkembang membuat seluruh publik memanfaatkan kemajuan teknologi untuk berkomunikasi. Perkembangan teknologi menghandirkan berbagai macam media online, salah satunya website yang digunakan sebagai media penyebarluasan informasi. Humas Kota Bandung pun menggunakan website sebagai salah satu media penyebarluasan informasi publik. Penelitian ini dilakukan karena Humas Kota Bandung merupakan instansi pemerintah yang mempunyai kewajiban untuk memberikan keterbukaan informasi secara aktual dan sesuai fakta tentang kegiatan pemerintah Kota Bandung demi mewujudkan Kota Bandung yang lebih baik. Penelitian.ini dilakukan untuk mengetahui langkah apa saja yang Humas Kota Bandung lakukan dalam mengelola website sebagai media penyebarluasan informasi, untuk mengetahui pelaksanaan Humas Kota Bandung dan untuk mengetahui sejauh mana informasi yang disebarluaskan melalui website bisa sampai ke publik. Pada penelitian ini digunakan konsep Cutlip dan Center yaitu four step pulic relations atau empat tahapan proses public relations. Konsep ini terdiri dari empat tahapan yaitu pencarian masalah, perencanaan dan program, pelaksanaan dan komunikasi, terakhir yaitu evaluasi. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian deskiptif dengan pendekatan kualitatif. Data didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti, dapat disimpulkan Humas Kota Bandung dalam mengelola website sebagai media penyebarluasan informasi menggunakan empat tahapan public relations yaitu yang pertama defining public relations problem dengan menentukan tujuan dan juga konten yang dibutuhkan oleh masyarakat. Kedua planning and programming yaitu proses pengumpulan data yang selanjutnya diolah menjadi konten, proses penyuntingan, tahapan persetujuan dan proses pengunduhan konten untuk diunduh ke dalam website. Ketiga taking action and commuciating yaitu proses implementasi dari tahap perencanaan yang sudah dibuat dengan mengandalkan kerjasama tim dan proses pengkomunikasian melalui media sosial dan kegiatan-kegiatan Pemerintah Kota Bandung. Keempat yaitu evaluating the program dengan mengadakan rapat rutin dan mengambil data melalui Google Analytics sebagai bahan evaluasi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan; Website; Informasi |
Subjects: | General Management > Information Management |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Tiara Rengganis |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 02:31 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 02:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/44857 |
Actions (login required)
View Item |