Budiharjo, Krisbiliyadi (2021) Peningkatan number sense dan self confidence siswa melalui pembelajaran Duality, Necessity, and Repeated Reasoning (DNR) berbantuan schoology. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab 1.pdf Download (638kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (697kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR ISI)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (396kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan number sense dan self confidence merupakan faktor penting dalam memahami matematika. Karena itu, pembelajaran DNR berbantuan schoology menjadi alternatif solusi untuk mencapai hal tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan number sense dan self confidence siswa melalui pembelajaran DNR berbantuan schoology. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI MIA di salah satu Madrasah Aliyah Negeri di Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan berupa tes dan non tes. Hasil penelitian ini yaitu: (a) peningkatan hasil belajar number sense siswa baik pada kelas DNR berbantuan schoology maupun konvensional dikategorikan sedang berdasarkan rata-rata N-Gain; (b) peningkatan number sense siswa yang memperoleh pembelajaran DNR berbantuan schoology lebih baik dibanding siswa dengan pembelajaran konvensional berdasarkan tingkat PAM; (c) self confidence siswa pada kelas DNR berbantuan schoology dan konvensional memberikan respon positif; (d) Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal kemampuan number sense diantaranya siswa masih kesulitan dalam menggunakan, memanfaatkan, memilih prosedur serta mengaplikasikan konsep dan algoritma ke pemecahan masalah. Implikasi penelitian ini, diantaranya dengan pembelajaran DNR dapat meningkatkan kepekaan siswa terhadap bilangan dan operasi hitungnya dalam menyelesaikan permasalahan matematis serta dengan kombinasi pembelajaran DNR berbantuan schoology memfasilitasi proses kontruksi siswa dalam memahami konsep matematika.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan number sense; self confidence; pembelajaran DNR; schoology. |
Subjects: | Analysis, Theory of Functions Analysis, Theory of Functions > Analysis and Calculus Analysis, Theory of Functions > Special Functions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Krisbiliyadi Budiharjo |
Date Deposited: | 14 Oct 2021 01:38 |
Last Modified: | 14 Oct 2021 01:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45057 |
Actions (login required)
View Item |