Efektivitas metode ILHAM terhadap minat dan kemampuan membaca Al-Quran siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits : Penelitian quasi eksperimen di MTs YTI Sukamerang Garut kelas VII tahun pelajaran 2020/2021

Ummah, Hena Khaerul (2021) Efektivitas metode ILHAM terhadap minat dan kemampuan membaca Al-Quran siswa pada mata pelajaran Al-Quran Hadits : Penelitian quasi eksperimen di MTs YTI Sukamerang Garut kelas VII tahun pelajaran 2020/2021. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (808kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (462kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (242kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA : MTs YTI Sukamerang Garut untuk meningkatkan minat membaca Al-Quran telah melakukan berbagai cara dalam pendidikannya, misalnya metode pendidikan Qira’ati ataupun metode pendidikan lainnya. Metode-metode yang telah diterapkan dengan baik, namun dalam kenyataannya belum memenuhi hasil yang diharapkan, melalui metode ILHAM diharapkan dapat meningkatkan hasil kemampuan membaca Al-Quran. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui metode ILHAM yang diterapkan pada mata pelajaran Al-Quran Hadits bagi siswa. (2) Untuk mengetahui minat belajar yang menggunakan metode ILHAM dan Iqro’. (3) Untuk mengetahui kemampuan membaca Al-Quran siswa yang menggunakan metode ILHAM dan Iqro. (4) Untuk mengetahui efektivitas metode ILHAM terhadap minat dan kemampuan membaca Al-Quran siswa. (5) Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat dan kemampuan membaca Al-Quran siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode quasi eksperimen (quasi experiment design) dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Sedangkan teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, angket, tes dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode ILHAM yaitu guru memeragakan bacaan ayat secara fasih dan benar kemudian ayat yang disampaikan oleh guru tidak lebih dari tiga kalimat, selanjutnya guru tidak memberi materi baru hafalan, sebelum materi yang sedang dihafal betul-betul dikuasai. (2) Hasil nilai rata-rata minat belajar metode ILHAM 69,32 dengan kategori cukup. Sedangkan metode Iqro’ 66,53 dengan kategori cukup (3) Nilai rata-rata pretest kemampuan membaca Al-Quran kelas VII-B 64,20 dengan kategori cukup. Sedangkan nilai rata-rata pretest kelas VII-A 67,73 dengan kategori cukup. Selanjutnya nilai rata-rata posttest kemampuan membaca Al-Quran kelas VII-B lebih tinggi 92,00 dengan kategori sangat baik dibandingkan dengan hasil posstest kelas VII-A 87,33 dengan kategori baik. (4) Metode ILHAM mempunyai efek yang signifikan terhadap minat belajar dan kemampuan membaca Al-Quran siswa dalam hal ini kelas VII-B di MTs YTI Sukamerang Garut. (5) Faktor yang mempengaruhi minat dan kemampuan membaca terbagi menjadi dua yaitu faktor internal serta faktor eksternal. Pada faktor internal yakni faktor dalam diri peserta didik, sedangkan faktor eksternal yaitu faktor di luar diri peserta didik yakni bisa berupa keluarga, lingkungan, guru, teman pergaulan, serta lainnya. Berdasarkan temuan penelitian ini, direkomendasikan untuk menggunakan metode pembelajaran ILHAM baik pada mata pelajaran Al-Quran Hadits maupun pada mata pelajaran agama yang lainnya, baik secara mandiri atau dikombinasikan dengan metode lain. ENGLISH : MTs YTI Sukamerang Garut to increase interest in reading the Qur'an has carried out various ways in its education, for example the Qira'ati education method or other educational methods. The methods that have been applied well, but in reality have not met the expected results, through the ILHAM method is expected to improve the results of the ability to read the Qur'an. The objectives of this study are (1) to find out the ILHAM method applied to the subjects of Al-Quran Hadith for students. (2) To find out the interest in learning using the ILHAM and Iqro' methods. (3) To determine the students' ability to read Al-Quran using the ILHAM and Iqro methods. (4) To determine the effectiveness of the ILHAM method on students' interest and ability to read Al-Quran. (5) To find out the factors that influence students' interest and ability to read Al-Quran. The research method used in this study is a quasi-experimental method (quasi-experimental design) using a nonequivalent control group design. While the data collection techniques are observation, interviews, questionnaires, tests and documentation studies. The results of this study indicate that (1) The application of the ILHAM method is that the teacher demonstrates the reading of the verse fluently and correctly then the verse conveyed by the teacher is no more than three sentences, then the teacher does not give new memorization material, before the material being memorized is really mastered. (2) The result of the average value of interest in learning the ILHAM method is 69.32 with a sufficient category. While the Iqro' method is 66.53 with a sufficient category (3) The average value of the pretest reading ability of the Al-Quran class VII-B is 64.20 with a sufficient category. While the average value of the pretest class VII-A is 67.73 with a sufficient category. Furthermore, the posttest average value of the ability to read Al-Quran class VII-B was 92.00 higher in the very good category compared to the posttest results for class VII-A 87.33 in the good category. (4) The ILHAM method has a significant effect on students' interest in learning and reading Al-Quran, in this case class VII-B at MTs YTI Sukamerang Garut. (5) Factors that influence reading interest and ability are divided into two, namely internal factors and external factors. Internal factors are factors within students, while external factors are factors outside of students, which can be in the form of family, environment, teachers, friends, and others. Based on the findings of this study, it is recommended to use the ILHAM learning method both in Al-Quran Hadits subjects and in other religious subjects, either independently or in combination with other methods.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Metode Ilham; Minat; Kemampuan Membaca Al-Quran
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hena Khaerul Ummah
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:12
Last Modified: 21 Jan 2022 03:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45226

Actions (login required)

View Item View Item