Husain, Tasya Azzahra (2021) Customer Engagement melalui Emina Girl Gang Ambassador : Studi deskriptif kualitatif pada pengelolaan Emina Girl Gang Ambassador Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN SUnang Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (38kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (173kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (266kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (36kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) | Request a copy |
Abstract
Emina Girl Gang Ambassador (EGGA) merupakan organisasi atau sebuah komunitas yang menjalankan kegiatan Humas sebagai ambassador Emina Cosmetics yang berperan untuk menghubungkan antara Emina dengan sekolah atau kampus yang ada di Kota Bandung. Emina Girl Gang Ambassador berperan penting sebagai fasiliator komunikasi dalam memberikan informasi mengenai Emina Cosmetics melalui konten-konten yang menarik melalui sosial media sebagai bentuk kegiatan komunikasi. Fokus penelitian ini adalah realitas mengenai bagaimana beauty community Emina Girl Gang Ambassador dalam meningkatkan customer engagement melalui pengelolaan konten di media sosial Instagram dan TikTok dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1). Bagaimana proses recruitment ambassador batch terbaru 2). Bagaimana proses perencanaan program customer engagement melalui Emina Girl Gang Ambassador 3). Bagaimana proses pelaksanaan customer engagement melalui Emina Girl Gang Ambassador 4). Bagaimana proses evaluasi customer engagement program Emina Girl Gang Ambassador. Penelitian ini meggunakan konsep four step Public Relations dari Cutlip, Center, dan Broom. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah kontruktivisme. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam dan observasi partisipan pasif.Penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan yang dilakukan ambassador dalam menciptakan customer engagement dilakukan melalui tiga tahapan. Pertama, dimana tahap ini dilakukan dalam menganalisis situasi dan kondisi dalam kegiatan recruutment ambassador. Kedua, tahap perencanaan di mana ambassador mengaplikasikan seluruh rencana program yang telah dibuat Emina pusat yang telah dirumuskan sebelumnya dengan mengkonsultasikan dengan divisi brand development yang mengelola Emina Girl Gang Ambassador. Ketiga, tahap pelaksanaan program unggulan Emina yaitu Emina sosial media, Emina Field Project, dan Emina event participation melalui konten-konten yang informatif melalui sosial Media Instagram dan Tiktok. Keempat, tahap evaluasi dengan melakukan monitoring serta penilaian hasil konten ambassador yang dilakukan dengan tujuan untuk mengukur apa saja hambatan dan keberhasilan program yang telah dilaksanakan dan untuk merencanakan terhadap keberlanjutan program yang akan datang.Berdasarkan hal tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwasannya Emina Girl Gang Ambassador telah melakukan proses meningkatkan customer engagement dengan memanfaatkan pengelolaan media sosial Instagram dan TikTok dalam program kegiatan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Humas ; Pengelolaan ; Customer Engagement. |
Subjects: | General Management > Sales Management General Management > Sales Promotion |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | Tasya Azzahra Husain |
Date Deposited: | 29 Oct 2021 05:41 |
Last Modified: | 29 Oct 2021 05:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/45462 |
Actions (login required)
View Item |