Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap organizational citizenship behavior (OCB) dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi : Studi pada PT INTI Kota Bandung

Rista, Rista (2021) Pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap organizational citizenship behavior (OCB) dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediasi : Studi pada PT INTI Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (950kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dibuat berdasarkan permasalahan yang ada pada ruang lingkup karyawan perusahaan mengenai Organizational Citizenhsip Behavior, dimana faktor utama yang mendorong hal tersebut diantaranya Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja. Meningkatnya perilaku organizational citizenship behavior sangat bagus bagi perusahaan untuk memenuhi tuntutan zaman hingga meningkatkan keutungan bagi peusahaan. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan teori Slovin maka penulis menggunakan sampel sebanyak 82 responden dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner secara offline dan data yang terkumpul diolah dengan alat bantu software SPSS Versi 26. Teknik analisis data yang digunakan ialah dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan Uji t, metode Causal Step dan Uji Sobel. Kepemimpinan Transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior dari hasil uji parisal thitung 11,263 dan nilai signifikansi 0,000. Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja dengan nilai thitung 10,007 dan nilai signifikansi 0,000. Kepuasan kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap Organizational Citizeship Behavior dengan nilai thitung 14,839 dan nilai signifikansi 0,000. Hasil uji secara simutan Fhitung 140,499 maka kepemimpinan trnasfornasional dan kepuasan kerja memiliki pengaruh terhadap organizational citizenship behavior secara psitif dan signifikan. Kepuasan Kerja mampu menjadi variabel mediasi pengaruh Kepemimpinan Transformasional terhadap Organizational Citizenship Behavior secara parsial, hal ini dibuktikan dengan nilai t hitung uji sobel sebesar 6,8258. Hasil tersebut menunjukan lebih besar dari nilai t tabel 1,96 (6,8258 > 1,96). Nilai koefisien determinasi (R2) adalah 0,781. Artinya Organizational Citizenship behavior dipengaruhi sebesar 78,1% dan 21,9% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Transformasional; Kepuasan Kerja; Organizational Citizenship Behavior;
Subjects: Customs of People > Organization and Management
Business > Job Applications
General Management > Research and Development Management (R and D)
Organization an Management of Literatures
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Rista Rista
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:44
Last Modified: 04 Nov 2021 03:44
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45982

Actions (login required)

View Item View Item