Nadhilah, Dhaifina Jamil (2024) Gaya Retorika Dakwah Habib Husein Ja’far : Studi Deskriptif Pada Dakwah Habib Husein Ja’far Pada Konten LogIndiClose The Door Season 2. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1.cover.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2.abstrak.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3.daftar isi.pdf Download (173kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4.bab 1.pdf Download (474kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5. bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (431kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6.bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7. bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (334kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
9. lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
|
Text (PERNYATAAN PLAGIARISME)
10.Pernyataan_Plagiatrisme.pdf Download (290kB) | Preview |
Abstract
Dakwah adalah menyerukan, mengajak umat manusia kepada jalan Allah. Seiring berkembangnya zaman, maka cara berdakwah pun disesuaikan dengan kecanggihan teknologi sosial media. Penggunaan sosial media untuk berdakwah akan menarik banyak minat umat Islam terutama di kalangan pemuda-pemudi atau biasa disebut anak milenial. Banyaknya jenis serta isi sosial media yang semakin tidak terkendali menyebabkan perilaku negatif yang tersebar di kalangan anak muda. Bahkan bisa dibilang konten negatif lebih banyak digemari dibanding konten dakwah Islami. Maka dari itu agar dakwah Islam dapat tersampaikan dengan baik maka pendakwah harus kreatif memanfaatkan sosial media yang ada untuk berdakwah dengan cara yang berbeda. Habib Husein Ja‟far adalah salah satu pendakwah dengan gelar ’Habib’ yang terjun ke dunia dakwah Islami dengan sasaran anak milenial. Penyesuaiannya dalam retorika dakwah dengan selera anak muda membuat ceramah Habib Milenial ini diterima dengan baik oleh mereka. Dimulai dari dakwah bil- qolam, Habib Husein Ja‟far saat ini masuk ke dalam dunia dakwah bil-lisan melalui Youtube, Instagram, Twitter. Dimulai dari materi dakwahnya yang unik, dakwahnya membuat millenial banyak yang mendengarkan video dakwah Habib Husein. Berdasarkan latar belakang tersebut muncul pertanyaan bagaimana gaya retorika dakwah Habib Husein Ja’far dalam segi pilihan kata, nada, dan struktur kata. Sehingga, dalam penelitian ini dapat menyimpulkan gaya retorika yang disampaikan Habib Husein Ja’far dalam berdakwah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun metode kualitatif yang meneliti objek-objek yang tidak dapat diukur secara eksak atau angka- angka. Penelitian bersifat deskriptif berupa kutipan-kutipan kalimat dan cenderung menggunakan analisis. Penelitian ini menggunakan teori retorika Gorys Keraf yang menitikberatkan pada metode penyampaian yang Habib Husein lakukan. Retorika dakwah Habib Husein sesuai dengan segmentasinya yaitu anak muda millenial. Mulai dari materi dakwah yang tidak biasa dan gaya retorika, dapat menarik perhatian millenial untuk mendengar dakwah di sosial media. Dakwah Habib Husein bisa menginspirasi anak muda untuk perlahan mengenal Islam dan tetap taat dengan syariat Islam.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Retorika, Dakwah, Youtube, Habib Husein Ja‟far |
Subjects: | Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Dhaifina Jamil Nadhilah |
Date Deposited: | 11 Jul 2025 09:04 |
Last Modified: | 11 Jul 2025 09:04 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46399 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |