Pengaruh rasio keuangan metode Altman Z-Score terhadap prediksi financial distress: Studi pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate dan Konstruksi Bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019

Putri Marthiana, Nadyya (2021) Pengaruh rasio keuangan metode Altman Z-Score terhadap prediksi financial distress: Studi pada Perusahaan Sektor Properti, Real Estate dan Konstruksi Bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2015-2019. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (793kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (685kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh rasio keuangan yang ada dalam model Altman Z-Scores Modifikasi terhadap prediksi financial distress pada perusahan sektor properti, real estate dan konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dengan batasan penelitian 5 tahun yaitu tahun 2015 hingga tahun 2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling dimana terpilih 17 dari 48 perusahaan yang termasuk ke dalam populasi yang kemudian sampel dikategorikan menjadi perusahaan yang diprediksi mengalami financial distress dan perusahaan yang diprediksi sehat, dilihat dari nilai Earning per share nya. Jenis data yang digunakan merupakan data sekunder yang diperoleh langsung dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Variabel dependen yang digunakan bersifat dikotomi sehingga untuk mengetahui pengaruh antara variable dependen dengan independennya digunakan analisis regresi logistik biner. Tingkat signifikansi (α) yang digunakan pada penelitian ini yaitu sebesar 5%. Hasil penelitian menunjukan bahwa Rasio Working Capital to Total Asset tidak berpengaruh terhadap prediksi financial distress dilihat dari besaran sinifikansinya yaitu sebesar 0,265, Retained Earnings to Total Asset tidak berpengaruh terhadap prediksi financial distress dilihat dari besaran sinifikansinya sebesar 0.719 , Earnings before Interest and tax to Total Asset berpengaruh negatif terhadap prediksi financial distress dilihat dari besaran sinifikansinya sebesar 0.01 dan koefisien regresi β yang bernilai negatif yaitu sebesar -139.97, Market Value of Equity to Total Liabilities tidak berpengaruh terhadap prediksi financial distress dilihat dari besaran sinifikansinya sebesar 0.13. Dari keempat rasio yang termasuk ke dalam model Altman Z-Score Modifikasi, hanya terdapat satu rasio yang terbukti berpengaruh terhadap financial distress pada perusahaan properti, real estate dan kontruksi bangunan periode 2015-2019.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Financial distress; Altman Z-Score; Financial Ratios
Subjects: Financial Economics, Finance
General Management > Management for Enterprises
General Management > Financial Management
General Management > Negotiation, Conflict, Crisis Management
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Manajemen
Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen
Depositing User: Nadyya Putri Marthiana
Date Deposited: 25 Nov 2021 00:51
Last Modified: 25 Nov 2021 00:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46413

Actions (login required)

View Item View Item