Baiduri, Isti Nilam (2021) Analisis nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Petualangan Sherina dan relevansinya dengan pembinaan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (219kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (106kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya penanaman nilai-nilai karakter pada anak usia dasar dikalangan masyarakat. Memasuki era globalisasi dan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, berbagai media untuk penanaman nilai banyak dilakukan melalui sebuah pendidikan formal maupun nonformal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film petualangan Sherina, 2) Relevansi nilai pendidikan karakter dengan pembinaan akhlak siswa Madrasah Ibtidaiyah dalam film petualangan Sherina. Penelitian ini didasarkan pada perkembangan dan pertumbuhan yang mempengaruhi perilaku yang dilakukan oleh anak. Metodologi penelitian dari penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan tteknik analisis data yang digunakan yaitu analisis semiotika Ferdinand de Saussure yang berdasar pada makna penanda (signifier) dan petanda (signified). Adapun hasil penelitian, yaitu: 1) Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam film petualangan Sherina. Terdapat 16 indikator nilai dari 18 indikator nilai-nilai karakter, 2) terdapat relevansi nilai pendidikan karakter dengan pembinaan akhlak siswa madrasah ibtidaiyah sehingga dapat dijadikan sebagai media referensi guru maupun orang tua untuk membina akhlak siswa madrasah ibtidaiyah
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai Karakter; Film Petualangan Sherina |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Elementary Education Public Performances |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Isti Nilam Baiduri |
Date Deposited: | 14 Dec 2021 07:14 |
Last Modified: | 14 Dec 2021 07:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46784 |
Actions (login required)
View Item |