Pengembangan media pembelajaran digital berbasis Whiteboard Animation pada materi Animalia

Wahyuni, Nanda (2021) Pengembangan media pembelajaran digital berbasis Whiteboard Animation pada materi Animalia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Proses pembelajaran memerlukan pembaharuan pada perangkat pembelajaran dengan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga menghasilkan proses pembelajaran yang efektif dan menarik. Salah satu perangkat pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran adalah media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahapan pengembangan, menganalisis validasi pengembangan dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran digital berbasis whiteboard animation pada materi animalia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D model 3D (define, design, develop) yang diadopsi dari model 4D dengan angket untuk validasi media, materi dan guru biologi serta angket respon siswa. Subjek penelitian adalah 20 peserta didik kelas X IPA 1 MA Al-Imaroh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji validasi mendapatkan persentase dari ahli media 73% (kategori valid), ahli materi 75% (kategori valid), dan guru mata pelajaran biologi 90% (kategori sangat valid) kategori valid dengan persentase 73%. dan hasil respon siswa mendapatkan persentase 87,7% dengan kategori sangat layak. Berdasarkan hasil uji validasi dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran digital berbasis whiteboard animation dikategorikan layak digunakan dalam pembelajaran materi animalia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Animalia; Media Pembelajaran; R&D
Subjects: Animals, Zoology, Wildlifes
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nanda Wahyuni
Date Deposited: 15 Dec 2021 05:51
Last Modified: 15 Dec 2021 05:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46822

Actions (login required)

View Item View Item