Lestari, Eneng Windi (2021) Pengaruh model pembelajaran Tandur berbantu vidio pada materi bioteknologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (315kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (626kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (541kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (411kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasar hasil pengamatan yang terjadi ketika proses pembelajaran. Interaksi antara pendidik dan peserta didik masih kurang, dapat dilihat dari kurang aktifnya siswa selama pembelajaran berlangsung. Hal itu terjadi karena beberapa faktor diantaranya motivasi siswa dan model pembelajaran yang diterapkan, sehingga bisa berpengaruh juga terhadap hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan keterlaksanaan, menganalisis hasil belajar, menganalisis pengaruh dan mendeskripsikan respon siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TANDUR berbantu video pada materi bioteknologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi aktivitas guru dan siswa, angket respon siswa serta soal pretest dan posttes. Analisis data dalam penelitian ini yaitu, uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Data dihasilkan dari 16 soal pilihan ganda yang digunakan untuk pretest dan posttest. Hasil penelitian pada kelas eksperimen memiliki rata-rata analisis keterlaksanaan aktivitas guru sebesar 90% dan aktivitas siswa sebesar 90,30% dengan kriteria sangat baik. Kemudian hasil belajar pada kelas eksperimen memiliki kriteria sedang dengan rata-rata N-Gainsebesar 0,66, pada kelas kontrol memilki kriteria sedang juga tetapi dengan rata-rata N-Gain sebesar 0,47. Model pembelajaran TANDUR berbantu video memberikan pengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi bioteknologi. Hal tersebut didasarkan pada pengujian hipotesis posttest dengan hasil thitung (2,51) > ttabel (1,67) pada tarap signifikansi 5%. Selain itu, siswa kelas ekperimen juga sangat senang belajar menggunakan model TANDUR berbantu video dilihat dari rata-rata analisis angket respon siswa sebesar 87,60% dengan kriteria sangat tinggi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Tandur; Hasil Belajar; Bioteknologi. |
Subjects: | Education Education > Research and Statistical Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Eneng Windi Lestari |
Date Deposited: | 21 Dec 2021 01:39 |
Last Modified: | 21 Dec 2021 01:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46952 |
Actions (login required)
View Item |