Pengaruh metode pembelajaran Hypnoteaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem

Permatasari, Mega (2021) Pengaruh metode pembelajaran Hypnoteaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (699kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (43MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses belajar mengajar pada mata pelajaran biologi, spesifikasi materi ekosistem yang membutuhkan metode pembelajaran dengan menekankan pada psikologi pendidikan, dan seni komunikasi untuk memberikan sugesti positif pada pemikiran siswa dalam memandang pembelajaran, khususnya pada mata pelajaran dan materi yang bersangkutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dengan dan tanpa menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching serta mengetahui pengaruh metode pembelajaran hypnoteaching terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperiment. Sampel diambil secara random dari jumlah total lima kelas menjadi dua kelas sebagai kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan jumlah masing-masing 36 orang. Teknik pengumpulan data terdiri dari seperangkat tes, lembar observasi, dan angket. Pengujian data dilakukan dengan analisis parametrik yaitu dengan uji t bebas (independent) dimana data berdistribusi normal dan homogeni. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil posttest siswa kelas dengan dan tanpa menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching. Uji hipotesis posttest kelas menggunakan metode pembelajaran hypnoteaching diperoleh thitung (6,38) > ttabel (1,99) dengan α sebesar 5%, maka Ho ditolak, dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode pembelajaran hypnoteaching berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi ekosistem.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran; hypnoteaching; kemampuan berpikir kritis; ekosistem;
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mega Permatasari
Date Deposited: 14 Jan 2022 01:11
Last Modified: 14 Jan 2022 01:11
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/47886

Actions (login required)

View Item View Item