Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Lima Elang dengan materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MI.

Wulansari, Citra (2020) Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Lima Elang dengan materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MI. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (cover)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (436kB) | Request a copy
[img] Text (bab3)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (58kB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan masih terdapatnya peserta didik yang berkarakter negatif (menyimpang) yang terjadi di lingkungan sekolah. Maka hasilnya akan menciptakan lulusan yang tidak berkarakter apabila karakternya tidak berkembang menjadi lebih baik lagi. Namun, masih bisa diatasi melalui pembelajaran PPKn, karena bertujuan untuk membina karakter peserta didik. Dan dengan menggunakan media film diharapkan akan memudahkan pendidik untuk menyampaikan materinya dan akan diharapkan juga peserta didik lebih semangat untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Namun juga sebagian besar peserta didik hanya menganggap film adalah sebuah tontonan semata. Dengan melalui film Lima Elang ini diharapkan peserta didik mengetahui bahwa fungsi film tidak hanya untuk tontonan semata melainkan bisa dijadikan sebagai pembelajaran karena film berfungsi sebagai media edukasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Lima Elang karya Salman Aristo serta untuk mengetahui relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Lima Elang karya Salman Aristo dengan materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi yang meliputi data primer yakni isi film Lima Elang dan data sekunder yakni hasil tulisan yang membahas tentang film Lima Elang berupa buku, jurnal ataupun internet yang berkaitan dengan pendidikan karakter. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis) yaitu untuk menganalisis isi pesan dan mengolah pesan, dan dari analisis tersebut kemudian ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat pada film Lima Elang karya Salman Aristo antara lain: disiplin, mandiri, kreatif, demokratis, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, peduli lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, jiwa kepemimpinan, pantang menyerah, percaya diri, baik/penyayang, hormat & santun, dan kerjasama. Relevansi nilai-nilai pendidikan karakter dalam film Lima Elang karya Salman Aristo dengan materi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di MI antara lain: 1) disiplin terdapat pada materi kelas VI tema 3. 2) mandiri terdapat pada materi kelas III tema 8, 3) kreatif terdapat pada materi kelas I tema 5, 4) demokratis terdapat pada materi kelas II tema 5, 5) cinta tanah air terdapat pada materi kelas VI tema 5, 6) menghargai prestasi terdapat pada materi kelas I tema 2, 7) bersahabat/komunikatif terdapat pada materi kelas II tema 5, 8) peduli lingkungan terdapat pada materi kelas III tema 8, 9) peduli sosial terdapat pada materi kelas III tema 3, 10) tanggung jawab terdapat pada materi kelas V tema 6, 11) jiwa kepemimpinan terdapat pada materi kelas IV tema 4, 12) pantang menyerah terdapat pada materi kelas VI tema 3, 13) percaya diri terdapat pada materi kelas VI tema 4, 14) baik/penyayang terdapat pada materi kelas III tema 2, 15) hormat & santun terdapat pada materi kelas I tema 3, dan 16) kerjasama terdapat pada materi kelas I tema 5.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter; Film Lima Elang; Materi Pendidikan Pancasila
Subjects: Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Citra Wulansari
Date Deposited: 05 Jul 2022 00:57
Last Modified: 05 Jul 2022 00:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/49625

Actions (login required)

View Item View Item